(Thailand GP Gold) Sony Ukir Prestasi di Thailand

(Jakarta, 10/6/2012) Sony Dwi Kuncoro membuktikan bahwa dirinya masih patut diperhitungkan di kancah perbulutangkisan dunia dengan meraih gelar juara di turnamen Thailand Open Grand Prix Gold 2012. Pemain yang tidak diunggulkan ini kembali naik podium setelah di babak final mengalahkan Chen Yuekun asal China, dalam dua gim langsung, 21-17, 21-14.

Kemenangan Sony di Thailand bisa dibilang cukup mengejutkan, pasalnya Sony hingga saat ini masih dalam tahap mengembalikan penampilan terbaik dan kepercayaan dirinya pasca mengalami cedera punggung berkepanjangan yang sempat membuat peringkatnya merosot hingga terlempar dari jajaran 100 besar dunia.

Namun Sony menepis semua keraguan dan menobatkan diri menjadi tungal putra yang terbaik di turnamen ini. Sebelumnya Sony sempat menujukkan grafik penampilan yang cukup baik saat dirinya berhasil menembus babak final Malaysia Open Grand Prix Gold 2012 dan akhirnya dikalahkan pemain terkuat dunia, Lee Chong Wei.

Sony Singkirkan Lin Dan

Final sesungguhnya mungkin dialami Sony saat ia harus menghadapi Lin Dan di babak empat besar. Meskipun diatas kertas sulit bagi Sony untuk menang, namun pemain rangking 65 dunia ini tetap tak mau menyerah. Sempat tertinggal 3-8 di gim kedua, Sony terus mengejar perolehan poin Super Dan dan memenangkan pertandingan dalam dua gim langsung, 21-17, 21-16.

Sony membuat banyak orang terkejut dengan kemenangannya atas unggulan pertama yang hingga kini masih menjadi andalan China tersebut. Lin Dan yang kini menduduki peringkat dua dunia, tercatat sudah sembilan kali mengalahkannya.

Kemenangan Sony pada turnamen berhadiah total US$ 120,000 ini diharapkan menjadi titik kebangkitan pemain yang merupakan peraih medali perunggu di Olimpiade Athena 2004 ini. Sony akan ditantang untuk kembali menunjukkan kebolehannya sebagai tuan rumah pada turnamen Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2012 yang akan berlangsung pada 12-17 Juni mendatang di Istora Senayan.