(Thailand GP Gold) Sony Ditantang Super Dan

 

(Jakarta, 8/6/2012) Sony Dwi Kuncoro menjadi satu-satunya wakil Merah Putih yang lolos ke babak semifinal Thailand Open Grand Prix Gold 2012 setelah mengalahkan pemain asal India, Sourabh Varma, 21-6, 21-8. Meski menang cukup mudah hari ini, pada babak empat besar besok Sony diperkirakan harus bekerja keras karena ia akan ditantang unggulan pertama, Lin Dan.
 
Pemain asal China yang dijuluki Super Dan ini merupakan salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah karena telah berhasil mengantongi semua gelar juara termasuk medali emas Olimpiade Beijing 2008. Super Dan yang kini berada di peringkat dua dunia ini pun unggul jauh pada rekor pertemuannya dengan Sony. Keduanya sudah sepuluh kali bertemu dan Lin Dan memenangkan sembilan pertandingan diantaranya.
 
Sony tercatat pernah mengalahkan Lin Dan pada pertemuan pertama mereka di Malaysia Open 2003. Kala itu Sony menang dua gim langsung dimana kala itu masih diberlakukan sistem poin rally, Sony menang relatif mudah dengan skor 15-11, 15-7.
 
Pertemuan terakhir kedua pemain tunggal putra ini berlangsung tiga tahun lalu di Kejuaraan Dunia 2009. Saat itu Super Dan memenangkan pertandingan lewat permainan tiga gim, 21-14, 13-21, 21-15.
 
Pertandingan besok tentunya tak mudah bagi Sony, apalagi ia masih dalam tahap mencoba bangkit setelah sempat dirundung cedera punggung berkepanjangan. Namun Sony yang kini berada di rangking 65 dunia ini perlahan mulai menunjukkan grafik permainan yang meningkat dengan mampu menembus babak empat besar turnamen level grand prix gold ini.
 
Pada Malaysia Open Grand Prix Gold bulan lalu, Sony bahkan mampu menembus babak final sebelum akhirnya ditundukkan pemain terkuat dunia, Lee Chong Wei, 21-17, 8-21, 10-21. Dalam perjalanannya ke final, Sony juga menundukkan sejumlah pemain unggulan seperti Nguyen Tien Minh dan Muhammad Hafiz Hashim.
 
Wakil Ganda Putri Terhenti
 
Pada sektor ganda putri, ketiga wakil Indonesia harus terhenti di perempat final. Vita Marissa/Nadya Melati ditaklukkan Cheng Shu/Pan Pan, 22-24, 21-15, 9-21. Sementara Tiara Rosalia Nuraidah/Gebby Ristiyani Imawan menyerah dari ganda putri terkuat tuan rumah, Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul dengan skor 18-21, 22-24. Pasangan Suci Rizki Andini/Della Destiara Haris pun harus mengakui keunggulan pasangan China yang dijagokan ditempat pertama, Huan Xia/Tang Jinhua, 20-22, 10-21.
 
Hasil lengkap babak perempat final dan jadwal semifinal Thailand Open Grand Prix Gold 2012 dapat dilihat di sini.