(Djarum Indonesia Open) Dua Tunggal Putra Terbaik Dunia Absen di Indonesia Open

(Jakarta, 30/5/2012) Lee Chong Wei dan Lin Dan dipastikan tidak akan berlaga di Jakarta untuk turnamen Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2012. Pemain nomor satu dunia yang juga juara bertahan, Lee Chong Wei, harus menjalani perawatan pasca cedera engkel yang dialaminya saat membela Malaysia di Piala Thomas.

Hal ini dikonfimasikan langsung oleh salah satu pelatih nasional Malaysia asal Indonesia, Hendrawan.

“Chong Wei sudah pasti tidak bermain di Indonesia Open karena cedera engkel yang dialaminya. Ia juga ingin fokus dalam pemulihan cederanya, apalagi olimpiade juga semakin dekat” ujar Hendrawan yang merupakan peraih medali perak tunggal putra di Olimpiade Sydney 2000 ini.

Musuh bebuyutan Chong Wei, Lin Dan, juga menyatakan tidak berlaga di turnamen berhadiah total US$ 650,000 ini. Lin Dan yang dijuluki Super Dan ini sepertinya ingin berkonsentrasi pada persiapan olimpiade yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Duel kelas dunia keduanya yang kerap ditunggu ribuan penggemar bulu tangkis, tampaknya tidak akan terjadi di Jakarta bulan depan.

Namun absennya dua pemain top ini sedikit membuka jalan bagi tunggal putra Indonesia ke partai puncak. Simon Santoso berpeluang besar untuk melaju ke semifinal, pada babak empat besar ini kemungkinan Simon akan berhadapan dengan unggulan pertama asal China yaitu Chen Long.

“Absennya Lee Chong Wei dan Lin Dan memang membuat peluang saya lebih besar untuk ke babak final, tapi saya tidak akan berpikir terlalu jauh, saya ingin fokus satu demi satu pertandingan dulu” ujar Simon yang kini menempati rangking sembilan dunia.

Sementara itu, jika berhasil lolos dari babak pertama, Taufik Hidayat kemungkinan akan bertemu pemain Denmark yang juga merupakan unggulan ketiga, Peter Hoeg Gade. Sayangnya Tommy Sugiarto mendapat undian yang kurang menguntungkan. Pada pertandingan perdana, Tommy harus dihadapkan dengan pemain andalan Vietnam rangking 11 dunia, Tien Minh Nguyen. Jika lolos dari jeratan Nguyen, Tommy kemungkinan akan bertemu unggulan kedua, Chen Jin dari China.

Empat pemain tunggal putra Indonesia harus merangkak dari babak kualifikasi, mereka adalah Shesar Hiren Rhustavito, Andre Kurniawan Tedjono dan Sony Dwi Kuncoro.