(Piala Thomas dan Uber) Langkah Tim Thomas Terhenti

(Wuhan, 23/5/2012) Tim Thomas Indonesia harus menelan kenyataan pahit saat ditaklukkan Jepang dengan skor 2-3 di babak perempat final Piala Thomas 2012. Tunggal ketiga Jepang, Takuma Ueda menjadi penentu kemenangan timnya saat menundukkan Dionysius Hayom Rumbaka dengan skor 21-14, 21-19. Tim Jepang memastikan diri ke semifinal dan kemungkinan besar akan berhadapan dengan China.

Partai Hayom-Ueda menjadi partai penentu saat Indonesia dan Jepang sama-sama telah mengantongi dua kemenangan. Indonesia meraih poin dari Simon Santoso dan pasangan Alvent Yulianto Chandra/Mohammad Ahsan, sementara Jepang mendapatkan dua angka dari kemenangan Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata dan Kenichi Tago.

Kalah jauh di gim pertama, Hayom sempat memberikan angin segar saat memimpin 11-8 pada interval gim kedua. Serangan demi serangan yang memang menjadi andalan Hayom membuat Ueda tak berkutik. Sayangnya Ueda yang menyadari hal ini mulai mengubah pola permainannya dan tak lagi memberikan kesempatan bagi Hayom untuk menyerang.

“Saya minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia karena tidak bisa menyumbangkan poin hingga kita kalah dari Jepang. Pada permainan tadi, saya mengalami kesulitan karena lawan jarang sekali memberikan bola-bola atas hingga sulit untuk menyerang. Selain itu saya juga tidak dapat keluar dari tekanan” kata Hayom sambil tertunduk lesu.

Pada partai sebelumnya, pasangan Alvent Yulianto Chandra/Mohammad Ahsan sempat memperpanjang nafas tim Thomas dengan tampil begitu gemilang dan meraih kemenangan atas pasangan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa 21-17, 21-13.

Dengan hasil ini, maka tim Thomas Indonesia gagal menyamai prestasi pada Piala Thomas sebelumnya di Kuala Lumpur. Dua tahun lalu, tim Thomas mampu mencapai partai final sebelum akhirnya dikalahkan China dengan skor 0-3.