(Piala Thomas dan Uber) Debut di Piala Uber, Suci/Della Tampil Mengesankan

(Wuhan, 22/5/2012) Pasangan ganda putri Suci Rizki Andini/Della Destiara Haris mengejutkan publik Wuhan Sports Gymnasium Center saat keduanya memberikan perlawanan sengit pada ganda putri rangking dua dunia sekaligus juara All England 2012, Tian Qing/Zhao Yunlei.

“Kunci kemenangan kami adalah bermain nothing to lose dan tidak ragu-ragu di lapangan. Meskipun lawan jauh lebih diunggulkan dan didukung ribuan supporternya, namun kami tak gentar” ujar Della yang mengaku masih tak percaya bisa mencuri satu gim dari salah satu ganda putri terbaik China tersebut.

Tak ada yang menduga pasangan muda Indonesia ini akan menjadi ancaman bagi Tian/Zhao. Namun dengan berbekal semangat dan bermain tanpa beban, Suci/Della yang kini berada di rangking 36 dunia ini mampu unggul 19-11 pada gim pertama. Keduanya tampil dengan permainan no lob yang cukup mengesankan, seperti diutarakan Della, ini merupakan salah satu senjata mereka dalam menggempur tembok pertahanan Tian/Zhao.

Tian/Zhao menunjukkan kelasnya saat mereka berhasil keluar dari tekanan karena tertinggal 13-20 dari Suci/Della. Tujuh poin berturut-turut diraih Tian/Zhao bahkan mereka merebut gim pertama dari tangan Suci/Della setelah terjadi deuce dengan skor akhir 24-22.

“Meskipun bisa memberikan perlawanan sengit, namun saya merasa smash saya masih kurang keras. Sangat disayangkan kami harus kehilangan gim pertama, padahal sudah unggul. Lawan lebih berpengalaman dan mampu stabil di poin-poin kritis” ungkap Suci yang juga berpendapat bahwa bermain lepas dan tanpa beban membuatnya dan Della bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka malam ini.

Pasangan Indonesia ini lagi-lagi membuat penonton tercengang saat mereka mencuri gim kedua dan memaksa untuk bekerja keras dengan memperpanjang permainan. Beberapa kali Tian/Zhao terlihat kesal karena gagal mengembalikan serangan yang dihujankan Suci/Della ke area pertahanan mereka.

Meskipun akhirnya gagal membekukan kemenangan atas Tian/Zhao, namun penampilan Suci/Della malam ini patut diacungi jempol. Pasangan muda ini tampil agresif dengan perpaduan smash keras Suci di belakang dan sambaran cepat Della di depan net terbukti mampu membuat Tian/Zhao kebingungan. Ganda putri China ini pun terlihat tegang dan tertekan karena jika melihat fakta di atas kertas, mereka seharusnya bisa dengan mudah menyingkirkan Suci/Della. Namun sangatlah disayangkan baik Tian maupun Zhao menolak untuk memberikan komentar kepada sejumlah media internasional mengenai penampilan mereka malam ini.

Suci/Della merupakan pasangan ganda putri terbaik keempat Indonesia setelah Greysia Polii/Meiliana Jauhari (rangking 12 dunia), Vita Marissa/Nadya Melati (14) dan Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari (19).

Dengan permainan yang mereka tampilkan hari ini, Suci/Della berharap mereka diberikan kesempatan untuk mengasah pengalaman dan menambah jam terbang untuk memperkaya potensi yang mereka miliki. Sejauh ini Suci/Della yang merupakan juara Indonesia International Challenge 2010 dan 2011 ini masih bertanding di level Grand Prix dan Grand Prix Gold.