(Piala Thomas dan Uber) Simon Ditundukkan Lin Dan

(Wuhan, 22/5/2012) Tim Thomas Indonesia sementara tertinggal 0-1 dari tim China pada babak penyisihan grup A Piala Thomas 2012. Simon Santoso yang turun sebagai tunggal pertama harus menyerah dari Lin Dan sang peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008, dengan skor 10-21, 17-21.

“Pada gim pertama saya kalah cepat dari Lin Dan, selain itu dia juga selalu mengontrol permainan. Saya bisa tampil lebih baik saat bermain di gim kedua” ujar Simon yang kini berada di peringkat sembilan dunia.

Diatas kertas, Lin Dan memang jauh lebih unggul. Pemain rangking dua dunia ini sudah sembilan kali mengalahkan Simon, sementara Simon baru sekali menang. Meskipun demikian, Simon tercatat pernah memaksa Lin Dan bermain tiga gim.

“Simon merupakan salah satu pemain yang brilian, permainannya tidak biasa. Meskipun kini banyak bermunculan pemain-pemain baru yang bagus, Simon tetap mampu mempertahankan levelnya” kata Lin Dan mengenai lawannya malam ini.

Hingga berita ini diturunkan, pasangan kakak-adik Markis Kido/Bona Septano sedang bertanding melawan ganda putra China yang kini bercokol di rangking satu dunia, Cai Yun/Fu Haifeng.