(Piala Thomas dan Uber) Chen Long Pastikan China Juara Grup A

(Wuhan, 22/5/2012) China memastikan diri menjadi juara grup A pada penyisihan Piala Thomas 2012 usai mengalahkan tim Indonesia 3-0. Kemenangan tuan rumah ini ditentukan oleh Chen Long yang mengalahkan Tommy Sugiarto dengan skor 21-12, 21-16.

Tommy yang hingga hari ini masih belum pulih dari infeksi pada mata kirinya, harus kembali mengakui keunggulan Long setelah sebelumnya juga menyerah di All England 2012 pada bulan Maret lalu. Kebetulan saja, dua pertemuannya dengan Long dilewati Tommy dalam kondisi tidak fit. Pada pertemuan pertama, Tommy mundur karena menderita cedera pada jari kakinya.

“Kondisi mata saya memang mengganggu saat bertanding, terutama saat mengambil bola-bola atas yang memaksakan mata saya terkena sinar lampu secara langsung. Namun inilah yang terjadi, dengan kondisi begini, saya hanya mencoba yang terbaik saja apapun hasilnya nanti” ujar Tommy yang merupakan putra dari Icuk Sugiarto, Juara Dunia tahun 1983.

Long, sang lawan mengaku sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan Tommy dari pertemuan pertama mereka di All England lalu.

“Kali ini saya lebih yakin berhadapan dengan Tommy, karena saya sudah punya gambaran tentang permainan dia” ujar Long kepada pb-pbsi.org.

Sebelumnya, China juga meraih poin dari pasangan ganda putra Cai Yun/Fu Haifeng yang mengalahkan pasangan kakak-adik Markis Kido/Bona Septano dengan skor 21-14, 21-8. Kemenangan ganda nomor satu dunia ini memang sudah sewajarnya mengingat Kido/Bona bukanlah pasangan reguler dan belum pernah berlaga bersama di pertandingan resmi.

Bona sendiri mengaku tak canggung berpasangan dengan sang kakak yang merupakan juara Olimpiade Beijing 2008 bersama Hendra Setiawan. Justru ia menemukan hal positif saat bermain dengan Kido yang lebih senior darinya.

“Main bersama abang sendiri membuat saya tidak merasa sungkan saat berkomunikasi di lapangan” kata Bona yang biasanya berpasangan dengan Mohammad Ahsan.

Saat ini masih tersisa dua pertandingan lagi, namun hal ini tetap tak mempengaruhi China sebagai juara grup A. Sebelumnya tim unggulan pertama ini mengantongi kemenangan 5-0 atas tim Inggris. Tim Thomas Indonesia saat ini berada di posisi runner-up.