(Piala Thomas dan Uber) Tim Uber Manfaatkan Pertandingan Lawan Afrika Selatan

(Wuhan, 19/5/2012) Pada pertandingan pertama di babak penyisihan grup A putaran Final Piala Uber 2012, putri-putri Indonesia akan berhadapan dengan tim Afrika Selatan. Pertandingan akan berlangsung di Wuhan Sport Gymnasium Center pada 21 Mei 2012 pukul 19.00 waktu Wuhan. Menghadapi pertandingan pertama ini, tim Uber Indonesia yang diatas kertas jauh lebih unggul, akan memanfaatkan pertandingan ini untuk penyesuaian kondisi lapangan sekaligus pemanasan jelang bertemu tim China pada penyisihan hari kedua.

“Babak penyisihan melawan Afrika Selatan mungkin lebih kami manfaatkan untuk adaptasi lapangan, angin, dan suasana pertandingan. Namun kami tidak mau lengah juga, siapapun lawannya harus waspada dari awal. Dengan ini semoga kami akan lebih siap menghadapi pertandingan selanjutnya termasuk melawan China” ujar Meiliana Jauhari, pemain ganda putri yang ditemui disela-sela latihannya di Hanaiping Badminton Club, Wuhan.

Anggota tim Uber Indonesia tercatat belum pernah berhadapan dengan para pemain asal Afrika Selatan baik pada pertandingan beregu maupun perorangan. Berdasarkan kekuatan diatas kertas, Afrika Selatan tampaknya akan mengandalkan pasangan ganda putri Michelle Claire Edwards/Annari Viljoen yang memiliki rangking tertinggi di tim nya, yaitu peringkat 41 dunia. Sementara di nomor tunggal putri dan ganda putri kedua wakil benua Afrika ini masih berada diluar peringkat 100 besar dunia.

Ini bukanlah Piala Uber pertama bagi tim Uber Afrika Selatan, pada putaran final Piala Uber 2010, tim ini juga berlaga di Kuala Lumpur. Kala itu Afrika Selatan tersingkir di penyisihan grup D setelah dikalahkan tim Uber Korea dan India dengan skor 5-0. Sama seperti dua tahun lalu, tim Uber Afrika Selatan hanya beranggotakan empat orang dimana ketiga pemain tunggal putri mereka juga berlaga di nomor ganda putri.