(Piala Thomas dan Uber) Putaran Final Piala Thomas dan Uber Resmi Dibuka

(Wuhan, 19/5/2012) Melalui penyajian acara yang terbilang cukup unik, putaran final Piala Thomas dan Uber 2012 resmi dibuka. Tak seperti lazimnya acara upacara pembukaan dan jamuan makan malam sebuah turnamen yang dilakukan di hotel berbintang, China menjadikan stadion kolam renang sebagai tempat untuk menjamu seluruh negara peserta.

Namun Wuhan Sport Center Swimming Hall ternyata tak kalah megah dari hotel berbintang. Indoor swimming hall ini disulap menjadi sebuah tempat acara yang cantik lengkap dengan lighting dan sound system yang canggih. Pada hall tersebut terdapat dua kolam renang Olympic-size yang biasa digunakan untuk kejuaraan renang dan loncat indah. Panggung acara bahkan diletakkan tepat diatas kedua kolam tersebut.

Setelah beberapa kata sambutan, sejumlah atlet perwakilan negara peserta naik keatas panggung sambil membawa bendera negara masing-masing. Tim Indonesia diwakili oleh Rian Agung Saputro dan Suci Rizki Andini, sementara tuan rumah yang tampil terakhir diwakili oleh Du Pengyu dan Pan Pan. Acara pun resmi dibuka, pemain ganda putri terbaik dunia asal China, Yu Yang tampil mengikrarkan janji atlet yang kemudian disusul oleh salah satu perwakilan wasit yang juga membacakan janji wasit.

Selain dekorasi tempat acara yang tertata dengan baik, sajian hiburan yang dipertontonkan pun tak kalah menarik. Tari-tarian indah lengkap dengan musik khas negeri Tiongkok dan kostum cerah berwarna-warni menjadi pembuka pertunjukkan malam ini. Selanjutnya terdapat pertunjukkan gimnastik yang banyak mengundang decak kagum para penonton karena kelenturan dan keseimbangan yang dipamerkan para penari dalam berbagai atraksi yang cukup ekstrim dan berbahaya.

China kembali memperkenalkan kekayaan budayanya lewat pertunjukkan terakhir yang menyajikan tarian daerah yang dipadukan dengan atraksi bela diri tradisional mereka. Sebanyak enam pemuda memperagakan gerakan sejenis kungfu, lengkap dengan alat bela diri seperti pedang, rantai dan tongkat besi. Acara kemudian ditutup dengan makan malam bersama seluruh negara peserta dan perwakilan BWF.

Pertandingan penyisihan grup akan dimulai besok 20 Mei 2012 pada pukul 13.00 waktu Wuhan. Pasukan Merah Putih sendiri baru akan berlaga pada 21 Mei 2012, tim Thomas akan berhadapan dengan Inggris, sementara tim Uber melawan Afrika Selatan. Kedua tim mendapatkan jadwal tanding yang bersamaan yaitu pukul 19.00 waktu Wuhan. Waktu di Wuhan lebih cepat satu jam dari Jakarta.