(Malaysia GP Gold) Sony dan Irfan/Weni Dihadang Unggulan Pertama

 

(Jakarta, 6/5/2012) Dua wakil Indonesia di babak final Malaysia Open Grand Prix Gold 2012 akhirnya harus mengakui ketangguhan lawan-lawan mereka yang merupakan tuan rumah dan diunggulkan di tempat pertama.

Pada nomor ganda campuran, pasangan Irfan Fadhilah/Weni Anggraini harus menyerah dari Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, 12-21, 14-21. Sementara Sony Dwi Kuncoro ditundukkan tunggal putra terkuat dunia, Lee Chong Wei, 21-17, 8-21, 10-21.

Meskipun harus gagal meraih emas, namun pencapaian Irfan/Weni ke babak final turnamen level grand prix gold ini bisa dikatakan sebuah prestasi yang cukup baik. Pasangan muda Indonesia ini kini menempati rangking 38 dunia, sementara lawannya jauh berada diatas mereka, Chan/Goh merupakan pasangan peringkat sembilan dunia.

“Sebetulnya masuk final ini sudah melewati target kami, tetapi kalau sudah masuk final tentunya ingin jadi juara. Namun lawan memang diatas kami dan sayangnya kami kurang bisa bermain lepas, selalu berada di bawah tekanan. Kami juga masuk dalam pola permainannya mereka dan kadang terlalu terburu-buru ingin mematikan bola” ujar Irfan yang mengaku kian percaya diri usai menembus babak final.

Pada nomor tunggal putra, Sony Dwi Kuncoro pun ditundukkan Lee Chong Wei yang merupakan pemain andalan Malaysia saat ini. Sempat memenangkan gim pertama, Sony tertinggal jauh 6-14 pada gim kedua dan akhirnya memberikan kesempatan pada Chong Wei untuk memperpanjang permainan.

Tak banyak berbeda pada gim ketiga, Chong Wei pun memegang kendali permainan. Kembali unggul jauh 11-4, Chong Wei akhirnya memenangkan gim ketiga sekaligus berhak atas gelar juara Malaysia GP Gold 2012.

Keberhasilan Sony menembus babak final sementara ini merupakan hasil terbaik yang dicapainya usai diterpa cedera pinggang yang membuat prestasinya merosot. Pada beberapa turnamen yang diikutinya pada tahun ini, Sony harus terhenti di babak-babak awal, namun kali ini ia mampu membuktikan bahwa ia masih patut diperhitungkan di kancah perbulutangkisan dunia.

Jelang ke final pun Sony menundukkan sejumlah pemain unggulan yang bukannya mudah untuk dikalahkan. Berikut perjalanan Sony ke babak final Malaysia GP Gold 2012 :

Babak 1 : Sony Dwi Kuncoro (INA) vs Kuan Beng Hong (MAS) : 21-11, 21-11

Babak 2 : Sony Dwi Kuncoro (INA) vs Huang Chao (SIN) : 21-17, 21-12

Babak 3 : Sony Dwi Kuncoro (INA) vs Nguyen Tien Minh (2) (VIE) : 21-16, 21-16

Perempat final : Sony Dwi Kuncoro (INA) vs Takuma Ueda (5) (JPN) : 21-16, 22-24, 21-15

Semifinal : Sony Dwi Kuncoro (INA) vs Muhammad Hafiz Hashim (6) (MAS) : 21-19, 21-10

Final : Sony Dwi Kuncoro (INA) vs Lee Chong Wei (1) (MAS) : 21-17, 8-21, 10-21