(India Superseries) Balas Kekalahan, Tontowi/Liliyana ke Final

(New Delhi, 28/4/2012) Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akhirnya membalas kekalahan atas ganda campuran Korea, Lee Yong Dae/Ha Jung Eun pada babak semifinal India Open Superseries 2012. Lewat kemenangan ini, Tontowi/Liliyana pun memastikan satu tempat di babak final, pasangan ini pun kian berpeluang mempertahankan gelar juaranya tahun lalu.

Tontowi/Liliyana sempat menderita kekalahan pada dua pertemuan terakhinya dengan Lee/Ha. Namun hari ini, juara All England 2012 ini mampu menundukkan Lee/Ha dalam dua gim langsung, 21-7, 21-14. Skor pertemuan kini kini menjadi 4-2 bagi keunggulan Tontowi/Liliyana.

Babak pertama dimenangkan Tontowi/Liliyana dengan mudah, mereka hanya memberikan tujuh angka bagi lawannya yang merupakan finalis Korea Open Superseries Premier 2012 tersebut. Lee/Ha tampaknya cukup terkejut dengan penampilan Tontowi/Liliyana yang nyaris tanpa cela. Tontowi tak henti-hentinya menghujankan smash kerasnya, sementara Liliyana selalu siap mencegat bola di depan net.

“Melihat penampilan saya dan Tontowi pada turnamen ini, saya sebetulnya sudah yakin bisa membalas kekalahan atas Lee/Ha. Namun saya tidak menyangka juga skornya begitu telak pada gim pertama” kata Liliyana mengomentari permainannya.

Lee/Ha mencoba untuk bangkit di gim kedua dengan balik menekan. Kedua pasangan sempat kejar-kejaran poin hingga kedudukan 6-6. Namun Tontowi/Liliyana yang hari ini tampil solid tampaknya tak kesulitan mengatasi Lee/Ha, mereka kembali menguasai perolehan poin hingga memimpin 10-6 dan memenangkan gim kedua.

“Meskipun sempat ketinggalan di gim kedua, tapi kami sudah percaya diri karena start nya sudah bagus. Selain itu kami juga sudah menerapkan pola permainan dengan benar dan tampil konsisten hingga akhir permainan, sehingga lawan juga sulit berkembang” tambah Liliyana.

Pada babak final besok, Tontowi/Liliyana akan kembali berhadapan dengan pasangan Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam. Ganda Thailand ini melaju ke babak final setelah menundukkan pasangan China, Tao Jiaming/Xia Huan, 21-19, 22-20.