(India Superseries) Tiga Ganda Putri Gagal Lewati Babak Kedua

(New Delhi, 26/4/2012) Tiga pasangan ganda putri Indonesia harus tersingkir di babak kedua India Open Superseries 2012. Lewat pertarungan tiga gim, pasangan Vita Marissa/Nadya Melati, Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari dan Greysia Polii/Meiliana Jauhari akhirnya menyerah dari lawan-lawannya hari ini.

Vita/Nadya gagal mengulang sukses di Badminton Asia Championships 2012 minggu lalu dimana mereka berhasil mengalahkan pasangan Jwala Gutta/Ashwini Ponnappa dari India. Kali ini keduanya harus mengakui keunggulan Jwala/Ashwini, usai bertarung tiga gim, 21-16, 15-21, 17-21.

Pasangan Anneke/Nitya pun ditundukkan ganda putri Jepang, Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna. Meskipun mampu mencuri satu gim dari pasangan unggulan ketiga ini, Anneke/Nitya harus rela kehilangan tiket perempat final saat Maeda/Suetsuna menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan mereka, 21-15, 18-21, 21-14.

Sayangnya Greysia/Meiliana yang menjadi harapan terakhir pun harus terhenti malam ini. Keduanya sebetulnya hanya membutuhkan dua poin lagi untuk maju ke perempat final saat unggul 19-16 di gim kedua. Lawan mereka, pasangan Bao Yixin/Zhong Qianxin mampu menekan balik pada poin-poin kritis dak akhinya menyamakan kedudukan menjadi 19-19.

“Sebetulnya kuncinya ada di kedudukan 19-16, saya lihat Greysia/Meiliana tidak panik, namun lawannya semakin menekan terus dan membuat Greysia/Meiliana main bertahan terus dan tidak ada kesempatan menyerang” ujar Paulus Firman, sang pelatih.

Usai merebut gim kedua, Bao/Zhong kian ganas di lapangan. Mereka terus menerapkan permainan serang yang cepat dengan menghujankan smash ke area pertahanan Greysia/Meiliana. Pasangan China ini akhirnya merebut gim ketiga sekaligus memupuskan harapan Indonesia untuk mengirimkan wakil ganda putrinya ke perempat final besok.