(India Superseries) Sejumlah Wakil Tunggal Tersingkir

(New Delhi, 25/4/2012) Sejumlah pemain tunggal putra dan putri Indonesia terhenti di babak pertama turnamen India Open Superseries 2012, diataranya adalah Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka, Adriyanti Firdasari, Maria Febe Kusumastuti dan Aprilia Yuswandari.

Simon yang merupakan unggulan keenam di turnamen ini kembali menyerah di tangan Hans-Kristian Vittinghus setelah dikalahkan dua gim langsung, 15-21, 15-21. Pada minggu lalu, Simon sempat mengalami cedera pada otot perutnya, namun ia mengatakan kekalahan ini bukan semata-mata disebabkan oleh cedera tersebut.

“Sebetulnya sudah tidak ada masalah dengan cedera saya, namun hari ini lawan sepertinya lebih siap sementara saya merasa kurang enak bermain di lapangan dari segi pukulan, antisipasi bola, pergerakan kaki, dan sebagainya” ungkap Simon menjelaskan penyebab kekalahan keduanya dari Hans.

Pada pertemuan sebelumnya di babak pertama All England bulan lalu, Simon juga menyerah dari Hans dalam permainan tiga gim, 14-21, 21-8, 7-21.

“Hans merupakan pemain yang ulet, bermain melawan dia memang harus mengikuti tempo permainan cepat dan tidak boleh terlambat mengantisipasi bola” tambah pemain rangking sembilan dunia ini.

Selain Simon, Dionysius Hayom Rumbaka juga harus terhenti setelah dikalahkan oleh Wang Zhengming asal China dengan skor 17-21, 15-21. Sementara itu di sektor putri, Adriyanti Firdasari gagal menghadang tunggal putri andalan Jerman, Juliane Schenk. Firda dikalahkan semifinalis Kejuaraan Dunia 2011 tersebut dengan skor 16-21, 11-21.

Maria Febe Kusumastuti gagal membalas kekalahannya atas Bae Yoon Joo, pemain asal Korea. Ia kembali harus takluk ditangan Bae dengan skor 12-21, 9-21. Dengan kekalahan ini, skor pertemuan sementara diungguli oleh Bae yang unggul 4-0 atas Febe. Senasib dengan kedua rekannya, Aprilia Yuswandari juga gagal melewati babak pertama saat dihentikan oleh Chen Xiao Jia. April menyerah 17-21, 11-21 dari pemain China yang prestasinya kian menanjak ini.