(India Superseries) Tontowi/Liliyana Berpeluang Pertahankan Gelar

(New Delhi, 24/4/2012) Pasangan juara All England 2012 asal Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berpeluang besar mempertahankan gelar di India Open Superseries 2012. Turnamen berhadiah total US$ 200,000 ini merupakan turnamen terakhir yang masuk penghitungan poin untuk Olimpiade London 2012.

India Open ini merupakan turnamen pertama Tontowi/Liliyana usai menjadi juara All England 2012 pada bulan lalu. Keduanya memutuskan untuk batal tampil di Australia Open Grand Prix Gold dan Badminton Asia Championships 2012 agar dapat memaksimalkan persiapan pada turnamen kelas superseries ini.

“Kami sudah beristirahat mempersiapkan diri kurang lebih satu bulan, saat ini kami merasa sudah cukup fresh dan siap bertarung kembali” kata Liliyana.

Tontowi/Liliyana adalah pasangan yang paling dijagokan setelah ganda asal China, Chen Xu/Ma Jin yang merupakan pasangan peringkat dua dunia. Namun Xu/Ma dilaporkan telah mengundurkan diri dari turnamen ini. Selain Xu/Ma, pasangan gado-gado asal Inggris/Skotlandia, Chris Adcock/Imogen Bankier juga batal tampil.

Bekal kepercayaan diri usai mejuarai All England, persiapan yang cukup, dan mundurnya sejumlah pesaing membuat peluang Tontowi/Liliyana kian besar untuk kembali naik podium di turnamen ini. Namun keduanya mengaku tetap mewaspadai lawan-lawan lainnya yang juga bisa menjadi batu sandungan.

“Kalaupun Xu/Ma datang, kami akan bertemu di babak final. Sementara kami tidak mau berpikir terlalu jauh ke final, fokus saja untuk pertandingan di babak pertama, apalagi kami mungkin akan berhadapan dengan beberapa pasangan Korea yang juga menyulitkan” ujar Liliyana menjelaskan.

Pada babak pertama besok, Tontowi/Liliyana akan ditantang ganda Korea, Ko Sung Hyun/Eom Hye Won. Skor pertemuan sementara imbang bagi kedua pasangan. Ko/Eom sempat membuat kejutan saat mengalahkan Tontowi/Liliyana di final Taipei Open Grand Prix Gold 2011 dengan skor ketat, 24-22, 16-21, 21-17. Tontowi/Liliyana lalu membalas kekalahan mereka di Macau Open GP Gold 2011 dengan membungkam Ko/Eom dalam dua gim langsung, 21-13, 21-6.

Jika lolos dari Ko/Eom, Tontowi/Liliyana kemungkinan juga akan berjumpa pasangan ganda campuran andalan negeri Ginseng, Lee Yong Dae/Ha Jung Eun di babak semifinal. Pertemuan Tontowi/Liliyana dengan pasangan ini juga akan berlangsung seru, keduanya saling mengalahkan satu sama lain, Tontowi/Liliyana berhasil menang sebanyak tiga kali dari lima pertemuan mereka, namun Lee/Ha berhasil menundukkan pasangan Indonesia ini di dua pertemuan terakhir.

Mundurnya Xu/Ma juga menguntungkan bagi pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto yang sedianya akan berhadapan dengan juara Korea Open Superseries Premier 2012 tersebut di babak pertama. Sebagai gantinya, Rijal/Debby akan berhadapan dengan Tarun Kona/Ashwini Ponnappa yang merupakan pasangan tuan rumah jebolan kualifikasi.

Sementara itu, pasangan Fran Kurniawan Teng/Shendy Puspa Irawati akan langsung melaju ke babak kedua. Kemungkinan besar keduanya akan kembali dipertemukan dengan Shintaro Ikeda/Reiko Shiota yang sempat mengalahkan mereka di Australia Open GP Gold 2012 lalu. Fran/Shendy yang kala itu dikalahkan dengan skor 24-26, 16-21, mengaku kali ini optimis mampu membalas kekalahannya atas ganda Jepang tersebut.