(Badminton Asia Championships) Chai/Guo Balas Kekalahan Atas Alvent/Hendra

(Qingdao, 20/4/2012) Chai Biao/Guo Zhendong akhirnya mampu menaklukkan pasangan Indonesia, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan pada babak perempat final Badminton Asia Championships 2012. Pasangan China ini memenangkan pertandingan dengan skor 21-7, 22-20.

Pada dua pertemuan sebelumnya, Alvent/Hendra selalu meraih kemenangan atas Chai/Guo. Namun pada perebutan tiket semifinal malam ini, Chai/Guo sepertinya belajar dari kekalahan mereka sehingga pasangan unggulan pertama ini terlihat begitu menguasai ritme permainan. Chai/Guo melaju cepat dengan keunggulan 9-1, dan akhirnya memenangkan gim pertama dengan relatif mudah.

“Pada gim pertama, kami tidak dapat mengatur irama permainan karena terganggu oleh angin di lapangan” kata Alvent mengenai ketertinggalannya di gim pertama.

Alvent/Hendra mencoba untuk bangkit pada gim kedua. Pasangan rangking 11 dunia ini pun berhasil memimpin perolehan angka hingga 10-7, keduanya bahkan hanya membutuhkan satu poin lagi untuk memperpanjang pertandingan saat kedudukan game point 20-18. Satu pengembalian bola yang sangat bagus dari Guo sangat tidak disangka-sangka oleh Alvent/Hendra, padahal posisi pasangan China ini sangat sulit untuk mengembalikan smash bola tanggung yang dihujankan Hendra di depan net.

Kedukan pun menjadi 20-20 untuk kedua pasangan. Dua poin kritis terakhir mampu diraih Chai/Guo dan memastikan pasangan rangking lima dunia ini melaju ke babak semifinal.

“Kami sudah bisa unggul pada gim kedua namun tidak bisa memanfaatkan keunggulan ini dengan baik sehingga lawan unggul di poin-poin kritis” tambah Alvent.

Pasangan ganda putra finalis Singapore Open Superseries 2011 ini selanjutnya akan berlaga turnamen India Open Superseries 2012. Alvent/Hendra pun berharap mereka bisa tampil lebih baik pada turnamen yang akan berlangsung di New Delhi, pada 24-29 April 2012 tersebut.