(Badminton Asia Championships) Dua Wakil di Perempat Final

(Qingdao, 19/4/2012) Turnamen Badminton Asia Championships 2012 akan memasuki babak delapan besar. Indonesia menyisakan dua wakil pada kejuaraan berhadiah total US$ 150,000,- ini lewat pasangan ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan dan Muhammad Rijal/Debby Susanto di nomor ganda campuran.

Alvent/Hendra melaju usai menundukkan lawannya asal Kamboja, Sok Chanthorn/Kanora Ngoun dengan skor telak 21-12, 21-7. Berbeda dengan babak kedua hari ini, Alvent/Hendra akan bertemu lawan yang cukup berat dari China di babak perempat final besok, yaitu pasangan Chai Biao/Guo Zhendong.

Meskipun Chai/Guo diunggulkan di tempat pertama, namun Alvent/Hendra tercatat belum pernah sekalipun kalah dari pasangan China ini. Kedua pasangan sudah dua kali bertemu, dan Chai/Guo pun selalu takluk di tangan Alvent/Hendra.

Kedua pasangan ini bertemu pertama kali di Thailand Open Grand Prix Gold 2011, saat itu Alvent/Hendra mengalahkan Chai/Guo dalam dua gim langsung, 21-17, 21-18. Pada pertemuan selanjutnya di Singapore Open Superseries 2011, Alvent/Hendra dipaksa bermain tiga gim dengan skor 21-19, 24-26, 21-14.

Sementara itu di sektor ganda campuran, Rijal/Debby yang merupakan unggulan ketujuh akan menantang ganda asal negeri Ginseng, Kang Ji Wook/Eom Hye Won. Kedua pasangan ini tercatat belum pernah bertemu karena Eom baru saja dipasangkan dengan Kang.

Eom biasanya berpasangan dengan Ko Sung Hyun, keduanya kini menempati peringkat 23 dunia. Rijal/Debby tercatat pernah sekali bertemu pasangan ini pada turnamen Taipei Open Grand Prix Gold 2011. Kala itu Ko/Eom menang dua gim langsung, 21-16, 21-14. Keduanya akhirnya keluar sebagai juara pada turnamen ini dengan menyingkirkan ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di babak final.

“Kami akan mencoba bermain dengan pola yang kurang lebih sama dengan hari ini saat melawan pasangan Taiwan. Kontrol serangan, tidak terburu-buru, dan terapkan permainan no lob.” ujar Rijal sedikit membocorkan strateginya di pertandingan besok.

Pasangan Rijal/Debby merupakan satu-satunya wakil ganda campuran yang lolos ke perempat final. Selain Rijal/Debby, tim Indonesia mengirimkan tiga wakil ganda campuran lainnya, mereka adalah Riky Widianto/Richi Puspita Dili, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini, dan Fran Kurniawan Teng/Shendy Puspa Irawati.