(Badminton Asia Championships) Hayom dan Simon Lewati Rintangan Pertama

(Qingdao, 15/4/2012) Dua wakil tunggal putra Indonesia berhasil melewati rintangan pertamanya di turnamen Badminton Asia Championships 2012. Dionysius Hayom Rumbaka menjadi wakil pertama yang maju ke babak kedua dengan mengalahkan Artur Niyazov dari Kazakhstan dengan skor telak 21-10, 21-8.

Simon Santoso menyusul Hayom ke babak kedua usai menundukkan Sameer Verma asal India, 21-19, 21-14. Meskipun menang dalam dua gim langsung, namun Simon sempat dibuat kesulitan saat memimpin 10-3 atas pemain rangking 152 dunia tersebut. Sameer mampu mengejar ketertinggalannya dengan meraih tujuh poin berturut-turut dan bahkan sempat menyamakan kedudukan menjadi 11-11.

Sesudahnya, perebutan angka berlangsung ketat, keduanya terlihat sangat berhati-hati dalam mengembalikan bola. Untungnya pada kedudukan 19-19, Simon lebih bisa mengontrol permainan dan mengamankan dua poin terakhir sekaligus merebut gim pertama.

“Ini merupakan pertemuan pertama saya dengan Sameer, agak kaget juga dengan bola-bolanya dia makanya sempat tersusul saat leading jauh. Selain itu dia juga merupakan pemain yang ulet” ujar Simon tentang permainannya hari ini.

Pada gim kedua, lagi-lagi Sameer kembali memberikan bola-bola yang sulit dijangkau Simon. Ia pun memimpin jauh hingga 6-2. Namun Simon mengubah ritme permainannya menjadi lebih cepat. Usahanya pun berhasil, ia mampu menyamakan kedudukan menjadi 6-6. Selanjutnya permainan terus dikuasai oleh Simon, ia akhirnya menutup gim pertama dengan skor 21-14.

Sementara itu berdasarkan keterangan resmi yang diperoleh dari referee, Taufik Hidayat batal berlaga di turnamen berhadiah US$ 150,000 ini. Lawannya, Takuma Ueda asal Jepang, otomatis menang WO dan melaju ke babak kedua.