(Axiata Cup) Garuda Boyong Axiata Cup 2012

(Jakarta, 15/4/2012) Tim Indonesia Garuda akhirnya memboyong Axiata Cup usai menundukkan Indonesia Rajawali dengan skor agregat 5-1. Poin kemenangan ditentukan oleh Simon Santoso yang memetik kemenangan atas Tommy Sugiarto dengan skor 21-16, 21-10.

Rajawali mampu mencuri satu kemenangan lewat pasangan dadakan Alvent Yulianto Chandra/Angga Pratama yang berhasil mengalahkan Mohammad Ahsan/Bona Septano 23-21, 12-21, 21-13. Kemenangan Alvent/Angga bisa dibilang cukup mengejutkan, kombinasi dua pemain depan junior dan senior ini ternyata mampu mengalahkan Ahsan/Bona yang merupakan ganda terkuat Indonesia saat ini.

“Kami sengaja memasangkan Alvent dengan Angga karena ini bagian dari strategi. Sebetulnya kami sudah memprediksikan Garuda akan menurunkan Ahsan/Bona, untuk itu kami coba pasang Alvent/Angga yang belum diketahui pola permainannya oleh lawan. Selain itu pertimbangannya adalah shuttlecock yang cepat, makanya kami pilih Angga, karena lebih cocok dengan dia, sebaliknya, jika shuttlecock lambat, mungkin kami akan pilih Rian” jelas Sigit Pamungkas, pelatih ganda putra yang mendampingi tim Rajawali.

Sementara itu, Herry IP, pelatih Ahsan/Bona mengatakan bahwa kombinasi Alvent/Angga sepertinya cukup mengecoh Ahsan/Bona di lapangan. Mereka terlihat canggung dan tidak mampu mengendalikan permainan.

“Lawan memang bermain lebih baik, kami banyak melakukan kesalahan sendiri dan lawan mampu memanfaatkannya” ungkap Ahsan mengenai kekalahannya.

Pertandingan terakhir menjadi milik Garuda lewat Taufik Hidayat yang mengalahkan juniornya Shesar Hiren Rhustavito 21-14, 21-15. Taufik mengaku belum mengeluarkan seluruh kemampuannya, namun Shesar tetap tak bisa mengimbangi permainan di lapangan. Hal ini cukup disesalkan oleh Taufik yang berharap Shesar dapat memberikan perlawanan yang lebih sengit.

“Saya harus banyak belajar lagi, apalagi di pertandingan beregu. Konsentrasi saya sering hilang ketika bertanding, saat seperti ini kadang saya bisa kehilangan sampai empat poin” kata Shesar usai pertandingannya.

Dengan hasil ini, maka Indonesia Garuda menorehkan sejarah menjadi juara pertama Axiata Cup yang merupakan turnamen beregu dengan hadiah terbesar di cabang olahraga bulutangkis ini.

Berikut hasil lengkap partai final leg pertama Axiata Cup 2012 antara Indonesia Garuda vs Indonesia Rajawali :

Simon Santoso vs Tommy Sugiarto 21-19, 21-7

Markis Kido/Hendra Setiawan vs Angga Pratama/Rian Agung Saputro 21-14, 21-17

Taufik Hidayat vs Dionysius Hayom Rumbaka 21-17, 25-27, 21-16

Hasil final leg kedua :

Simon Santoso vs Tommy Sugiarto 21-16, 21-10

Mohammad Ahsan/Bona Septano vs Alvent Yulianto Chandra/Angga Pratama 21-23, 21-12, 21-13

Taufik Hidayat vs Shesar Hiren Rhustavito 21-14, 21-15