(Australia GP Gold) Dua Wakil Ganda Putri Gagal ke Semifinal

(Sydney, 6/4/2012) Dua wakil ganda putri akhirnya gagal melewati babak perempat final Australia Open Grand Prix Gold 2012. Pasangan Vita Marissa/Nadya Melati ditundukkan unggulan pertama asal Jepang, Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna, 21-15, 15-21, 10-21.

Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari pun harus mengakui keunggulan ganda putri China, Ying Luo/Yu Luo, 10-21, 20-22. Pasangan Indonesia ini sebetulnya sempat unggul 19-16 pada gim kedua, namun Luo/Luo mampu menahan laju perolehan poin Anneke/Nitya dan menyamakan kedudukan menjadi 19-19 dan menang 22-20.

Hal ini serupa dengan yang dialami pasangan Greysia Polii/Meiliana Jauhari saat di babak kedua kemarin, sudah unggul jauh namun akhirnya kalah di tangan pasangan kembar Luo/Luo.

“Sama seperti Greysia/Meiliana kemarin, Anneke/Nitya kurang konsisten di poin kritis dan tidak mampu memanfaatkan winning point. Banyak bola-bola datar yang mudah dimatikan lawan” ujar Aryono Miranat, sang pelatih.

Ia juga menambahkan bahwa meskipun Luo/Luo memiliki keunggulan di kekuatan, kecepatan, dan daya tahan, namun Anneke/Nitya sebetulnya sudah mampu mengimbangi, terbukti mereka bisa memimipin hingga 19-16 pada gim kedua.

“Pengalaman tanding keduanya sudah cukup banyak, seharusnya sudah bisa menguasai situasi saat tertekan. Setelah ini kami akan melakukan diskusi mengenai hal ini, mereka harus mengubah mindset dan memiliki kemauan lebih keras lagi” tambah Aryono.

Dengan hasil ini, maka Indonesia gagal menempatkan wakil ganda putri di semifinal. Sebelumnya pasangan Suci Rizki Andini/Della Destiara Haris juga terhenti di babak kedua dari pasangan Chin Eei Hui/Wong Pei Tty, 21-19, 13-21, 19-21.