(Australia GP Gold) Ketiga Wakil Tunggal Putra Lolos

(Sydney, 5/4/2012) Tiga tempat di perempat final diamankan tunggal putra Indonesia pada turnamen Australia Open Grand Prix Gold 2012. Alamsyah Yunus, Simon Santoso dan Taufik Hidayat mengungguli lawan mereka masing-masing di babak ketiga hari ini.

Alam lebih dulu melaju dengan mengalahkan Hong Ji Hoon asal Korea. Pemain yang sempat mengalahkan Tommy Sugiarto di babak pertama ini takluk di tangan Alam dalam dua gim langsung, 19-21, 17-21.

Sementara Simon harus berjuang keras saat menghadapi wakil dari Hongkong, Chan Yan Kit. Unggul di gim pertama 21-16, Simon harus kehilangan gim kedua 15-21. Pada gim penentuan, Simon mencoba bangkit dan akhirnya memenangkan tiket ke babak delapan besar.

“Lawan sempat mengubah irama permainan pada gim kedua dan Simon terlambat mengantisipasi. Pada gim ketiga Simon unggul karena bermain lebih ngotot dan terus menekan lawan” ujar Agus Dwi Santoso, sang pelatih.

Taufik Hidayat yang mengikuti jejak dua rekannya dengan melenggang ke perempat final. Peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 ini menghentikan perlawanan Boonsak Ponsana dari Thailand dengan straight game , 21-16, 21-16.

Di babak perempat final besok, ketiga tunggal putra Indonesia sudah ditunggu para pemain unggulan. Alam akan menghadapi tunggal andalan Vietnam yang merupakan unggulan ketujuh, Nguyen Tien Minh, sementara Simon ditunggu Shon Wan Ho dari Korea yang dijagokan di tempat ketujuh. Sementara Taufik akan menantang unggulan kedua dari Jepang, Sho Sasaki.