(Australia GP Gold) Berburu Poin Olimpiade di Australia

(Sydney, 2/4/2012) Usai laga semifinal Axiata Cup 2012, para pebulutangkis Indonesia langsung terbang ke negeri kangguru untuk mengikuti turnamen Australia Open Grand Prix Gold 2012 yang berlangsung di Sydney pada 3-8 April 2012. Turnamen ini merupakan salah satu ajang mengumpulkan poin untuk perebutan tiket berlaga di Olimpiade London 2012, selain Badminton Asia Championships dan India Open Superseries.

Di nomor tunggal putra, Simon Santoso dan Taufik Hidayat tengah berusaha menaikkan posisi mereka yang kini masing-masing berada di rangking sembilan dan sebelas dunia. Keduanya akan berlaga di Sydney bersama Tommy Sugiarto, Alamsyah Yunus, dan Sony Dwi Kuncoro. Sayangnya Dionysius Hayom Rumbaka batal tampil akibat cedera pada pergelangan tangan kanannya kambuh usai tampil di babak semifinal leg kedua Axiata Cup 2012.

Greysia Polii/Meiliana Jauhari yang kini berada di peringkat delapan dunia juga memanfaatkan turnamen ini untuk berburu poin guna memperbaiki peringkat mereka jelang olimpiade pada Juli mendatang.

Pasangan ganda campuran yang merupakan juara All England 2012, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir urung berlaga di Australia karena persiapan keduanya dirasa belum maksimal. Usai menjuarai All England, pasangan rangking tiga dunia ini langsung berlaga di Swiss Open Grand Prix Gold 2012 dan kembali berhasil mendulang emas.

Pelatih ganda campuran Richard Mainaky berharap pada pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto untuk dapat berlaga di olimpiade bersama Tontowi/Liliyana. Rijal/Debby yang kini berada di peringkat 12 dunia juga akan mengejar poin sebanyak-banyaknya pada turnamen berhadiah total US$ 120,000 ini.

Sementara itu, sama seperti Tontowi/Liliyana, pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Bona Septano yang merupakan juara Indonesia Open Grand Prix Gold 2011, juga memutuskan untuk mundur dari Australia Open GP Gold.

“Kami ingin latihan lebih intensif lagi, agar dapat mempersiapkan diri dengan maksimal untuk ikut turnamen selanjutnya” kata Ahsan yang dijadwalkan mengikuti India Open Superseries 2012 bersama Bona.

Berikut daftar pemain Indonesia yang akan berlaga di Australia Open GP Gold 2012 :

Tunggal Putra

Simon Santoso, Taufik Hidayat, Tommy Sugiarto, Alamsyah Yunus, Sony Dwi Kuncoro

Tunggal Putri

Adriyanti Firdasari, Maria Febe Kusumastuti, Aprilia Yuswandari, Linda Wenifanetri

Ganda Putra

Markis Kido/Hendra Setiawan, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan, Angga Pratama/Rian Agung Saputro, Afiat Yuris Wirawan/Rendy Sugiarto

Ganda Putri

Greysia Polii/Meiliana Jauhari, Vita Marissa/Nadya Melati, Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari, Suci Rizki Andini/Della Destiara Haris

Ganda Campuran

Mohammad Rijal/Debby Susanto, Fran Kurniawan Teng/Shendy Puspa Irawati, Hendra Setiawan/Vita Marissa.