(Swiss GP Gold) Liliyana : Kemenangan Ini Adalah Pembuktian

(Basel, 18/3/2012) Pasangan ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kembali mendulang emas di kejuaraan Swiss Open Grand Prix Gold 2012. Pada minggu lalu, keduanya baru saja menobatkan diri menjadi juara ganda campuran All England setelah 33 tahun lamanya Indonesia menanti gelar tersebut.

Kemenangan kali ini disebut Liliyana sebagai pembuktian bahwa pemain Indonesia tak kalah di fisik. Bermain di dua kejuaraan berturut-turut hingga ke partai puncak tentunya sangat menguras tenaga dan konsentrasi. Namun pasangan Indonesia mampu membuktikan bahwa meskipun tenaga dan pikiran mereka sudah teforsir di All England, mereka tetap mampu tampil maksimal bahkan menjadi juara di Swiss.

“Kemenangan ini adalah pembuktian, bahwa kami tidak kalah di fisik. Meskipun turnamen ini tak sebesar All England, namun kami beberapa kali juga bertemu lawan yang bagus dan bermain tiga gim. Tentunya ini sangat melelahkan, tapi kami membuktikan kalau kami bisa” ungkap Liliyana.

Dalam perjalanannya ke final, Tontowi/Liliyana tercatat beberapa kali harus melewati permainan tiga gim. Pada babak kedua, Tontowi/Liliyana mengalahkan pasangan asal Denmark, Anders Kristiansen/Line Damkjaer Kruse dengan skor 21-15, 20-22, 21-14. Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dari Malaysia kembali menyulitkan Tontowi/Liliyana dengan permainan sengit berdurasi 52 menit. Tontowi/Liliyana akhirnya memenangkan duel tersebut dengan skor 21-19, 18-21, 25-23.

Pada partai semifinal, Tontowi/Liliyana lagi-lagi harus memeras keringat melawan Chris Adcock/Imogen Bankier dari Inggris/Skotlandia. Tontowi/Liliyana akhirnya mampu membalas kekalahan mereka di Kejuaraan Dunia 2011 dengan memenangkan pertandingan 21-15, 16-21, 21-13.

Sementara di babak final, pasangan Indonesia ini justru menang dengan dua gim langsung dari pasangan asal Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam, 21-16, 21-14.

“Sebetulnya badan sudah merasa lelah sekali, namun kami sudah sampai ke final, rasanya sayang kalau kami tidak berjuang maksimal untuk juara. Walaupun capek, tapi namanya atlet yang membawa nama negara, kami berusaha untuk tetap fit terus menghadapi pertandingan” tambah Liliyana yang merupakan pemain jebolan klub Tangkas Alfamart ini.

Sepulangnya dari Swiss, Tontowi/Liliyana akan kembali berlatih untuk menghadapi kejuaraan selanjutnya. Keduanya dijadwalkan untuk mengikuti turnamen Australia GP Gold dan India Superseries pada bulan April mendatang.