(Swiss GP Gold) Lagi, Tontowi/Liliyana Bawa Pulang Gelar Juara

(Basel, 18/3/2012) Sungguh luar biasa perjuangan pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Dalam dua pertandingan yang diikuti pada dua minggu belakangan, mereka mampu mengukuhkan diri menjadi juara. Pada minggu lalu, pasangan yang bertengger di peringkat empat dunia ini berhasil keluar sebagai juara turnamen bergengsi All England.

Tontowi/Liliyana hari ini kembali mencetak gelar juara di Swiss Open Grand Prix Gold 2012 usai menundukkan Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dari Thailand, dalam dua gim langsung, 21-16, 21-14.

“Tentunya senang dan bersyukur bisa dapat gelar lagi di Swiss. Pada pertandingan ini kami sudah lebih yakin karena sebelumnya pernah menang, dan lawan juga tampaknya tak banyak perlawanan terutama di gim kedua” kata Liliyana yang ditemui usai penyerahan medali.

Sejak awal permainan, Tontowi/Liliyana sudah unggul baik dalam serangan maupun pertahanan. Sebaliknya Sudket/Saralee hari ini tidak tampil seperti babak-babak sebelumnya, mereka tak dapat berbuat banyak dalam meladeni permainan Tontowi/Liliyana. Hal ini semakin terlihat jelas pada gim kedua, dimana Sudket/Saralee harus tertinggal jauh hingga 13-18. Pasangan Thailand ini pun harus mengakui keunggulan lawannya, mereka akhirnya menyerah dan gelar juara pun jatuh ke tangan Tontowi/Liliyana.

Dengan hasil ini maka Indonesia membawa pulang satu gelar, sementara China dua gelar lewat pasangan Xia Huan/Jinhua Tang di nomor ganda putri, serta Chen Jin di sektor tunggal putra. India dan Jepang masing-masing mengantongi satu gelar. Saina Nehwal berhasil menundukkan tunggal putri China, Wang Shixian, sementara pasangan ganda putra Jepang, Naoki Kawamae/Shoji Sato mengalahkan ganda Taiwan, Chieh Min Fang/Sheng Mu Lee.