(Swiss GP Gold) Tontowi/Liliyana Lolos, Rijal/Debby Tersingkir

(Basel, 15/3/2012) Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir maju ke babak perempat final Swiss Open Grand Prix Gold setelah mengalahkan pasangan ganda campuran Denmark, Anders Kristiansen/Line Damkjaer Kruse, dengan skor 21-15, 20-22, 21-14.

Menang mudah di gim pembuka, Tontowi/Liliyana sempat kesulitan di gim kedua hingga selalu tertinggal dalam perolehan poin. Keduanya sempat menyamakan kedudukan dan memaksakan terjadinya deuce, namun Tontowi/Liliyana membuat kesalahan sendiri yang artinya poin bagi pasangan Denmark.

“Karena menang cukup mudah pada gim pertama, Tontowi agak kaget saat lawan memiliki pertahanan yang cukup baik di gim kedua, akhirnya justru banyak melakukan kesalahan sendiri” kata Liliyana mengenai kekalahannya di gim kedua.

Tontowi/Liliyana mencoba kembali ke irama permainan mereka pada gim penentuan. Dengan memimpin jauh 13-6, Tontowi/Liliyana yang minggu lalu baru menjuarai All England ini akhirnya merebut gim ketiga sekaligus memastikan tempat di babak delapan besar.

Sayangnya sukses Tontowi/Liliyana tak diikuti rekan senegaranya, Muhammad Rijal/Debby Susanto yang menyerah dari ganda campuran China, He Hanbin/Yixin Bao. Pasangan Indonesia ini menyerah dalam dua gim langsung, 14-21, 14-21.

Dengan demikian, Tontowi/Liliyana menjadi satu-satunya wakil di babak delapan besar. Sebelumnya pasangan Hendra Setiawan/Vita Marissa gagal di babak pertama dari unggulan ketiga dari Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam, 17-21, 21-13, 20-22.

Pada babak perempat final besok, Tontowi/Liliyana akan kembali dipertemukan dengan pasangan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Pasangan asal Malaysia ini sempat memberikan perlawanan sengit pada Tontowi/Liliyana di babak semifinal All England minggu lalu.

“Meski kemarin kami menang, tapi menangnya juga tidak mudah, pertandingan berlagsung ramai terutama gim pertama. Semoga besok kami lebih siap di lapangan, dan bisa bermain lebih baik dari hari ini” ungkap Liliyana mengenai pertandinganya besok.

Sementara itu di nomor ganda putra, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan menjadi satu-satunya wakil di babak delapan besar. Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan harus mengakui keunggulan lawannya asal Taiwan, Chen Hung Ling/Lin Yu Lang, dengan skor 12-21, 20-22. Angga Pratama/Rian Agung Saputro pun menyerah dari unggulan ketiga asal Jepang, Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata, usai berjuang tiga gim 19-21, 21-14, 15-21.