(Swiss GP Gold) Rijal/Debby Singkirkan Unggulan Ketujuh

(Basel, 14/3/2012) Pasangan ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto mengikuti jejak rekan senegaranya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dengan melaju ke babak kedua turnamen Swiss Open Grand Prix Gold 2012. Rijal/Debby menyungkirkan unggulan ketujuh asal Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels, 21-19, 15-21, 21-14.

Irama permainan sudah dipegang oleh Rijal/Debby sejan gim pertama, pasangan Indonesia ini pun unggul jauh hingga 19-13. Namun tanpa disangka-sangka, Fuchs/Michels berhasil meraih enam angka berturut-turut dan menyamakan kedudukan menjadi 19-19. Untungnya Rijal/Debby mampu menahan laju perolehan angka pasangan Jerman tersebut dan mengamankan gim pertama.

“Sejak awal kami sudah menerapkan pola yang benar dengan bermain halus dan penempatan bola yang menyulitkan mereka, namun kami sempat masuk permainan cepat yang mereka terapkan hingga tersusul” kata Rijal.

Pasangan Jerman yang kini berada di peringkat 11 dunia ini mampu membalas kekalahan mereka pada gim pertama dengan merebut gim selanjutnya. Namun gim ketiga kembali dikuasai Rijal/Debby yang melaju hingga 16-8 meninggalkan Fuchs/Michels.

“Pada gim ketiga kami bisa kembali ke pola permainan yang kami terapkan dari awal, sehingga lawan juga tak bisa mengembangkan permainannya di lapangan dan kami mampu memenangkan pertandingan ini” tambahnya.

Kemenangan ini sekaligus menambah skor pertemuan kedua pasangan menjadi 2-1 untuk keunggulan Rijal/Debby. Pasangan Indonesia sebelumnya juga menundukkan Fuchs/Michels pada turnamen Malaysia Open Superseries 2012 dengan skor 21-16, 21-16.

Sayangnya satu lagi wakil Indonesia di nomor ganda campuran, Hendra Setiawan/Vita Marissa dihadang oleh unggulan ketiga asal Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoughthongkam, 17-21, 21-13, 20-22.