(All England) Luar Biasa, Tontowi/Liliyana Juara All England!

(Birmingham, 10/3/2012) Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengukuhkan diri menjadi juara All England 2012 usai mengalahkan Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl dari Denmark dengan skor 21-19, 21-17.

"Kami sangat senang bisa menjadi juara All England, akhirnya kami mampu memecahkan rekor selama 33 tahun. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami, terutama pelatih." kata Liliyana yang ditemui usai pertandingannya.

Pertandingan berlangsung menegangkan dimana selisih angka kedua pasangan tak pernah terpaut jauh. Tontowi/Liliyana sejak awal memegang kendali permainan dan terus menekan Laybourn/Juhl hingga pasangan Denmark ini tak mampu mengembangkan permainannya.

"Pertandingan tadi sungguh menyulitkan buat kami. Tontowi/Liliyana bermain diluar pola permainan mereka yang sudah kami pelajari di video pertandingan. Mereka tampil bagus sekali hari ini" ungkap Laybourn.

Hal diatas memang diiyakan oleh Tontowi/Liliyana, pasangan Indonesia ini mengaku telah menerapkan pola permainan yang berbeda dari biasanya. Mereka pun memiliki strategi khusus menghadapi pasangan Denmark yang merupakan juara German Open Grand Prix Gold 2012 ini.

“Tontowi memang banyak mengubah taktik di lapangan, biasanya penempatan bolanya mudah ditebak, kali ini lebih bervariasi. Beberapa kali lawan terkecoh dan salah posisi” kata Liliyana.

Gelar juara ini adalah titel premier pertama bagi Tontowi/Liliyana, sebelumnya pasangan ini pernah mejuarai dua gelar superseries di India dan Singapura, serta dua gelar grand prix gold di Malaysia dan Macau. Tontowi/Liliyana juga merupakan peraih medali emas SEA Games 2011.