(All England) Singkirkan Pasangan Malaysia, Tontowi/Liliyana ke Final

(Birmingham, 10/3/2012) Indonesia memastikan satu tempat di final ganda campuran All England 2012 lewat pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Pasangan peringkat empat dunia ini maju ke partai puncak usai menghempaskan pasangan asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dalam dua gim langsung, 27-25, 21-16.

Pertandingan berlangsung sangat menegangkan pada gim pertama, kedua pasangan saling berusaha menekan. Chan/Goh yang unggul dalam adu drive, terus memaksa Tontowi/Liliyana untuk masuk ke irama permainan mereka. Sempat kerepotan, Tontowi/Liliyana beberapa kali gagal menyelesaikan gim pertama saat kedudukan game point untuk mereka.

“Saat kondisi deuce seperti tadi, yang paling memegang peran penting adalah mental dan konsentrasi. Kunci kemenangan kami ada di gim pertama, saat bisa melewati saat-saat kritis, kami jadi lebih percaya diri dan merasa diatas angin, sehingga bisa kontrol permainan di gim kedua” kata Liliyana membeberkan kunci kemenangannya hari ini.

Pada gim kedua, Tontowi/Liliyana terlihat bermain lebih lepas dan percaya diri. Sebaliknya, pasangan Chan/Goh sepertinya tak dapat berbuat banyak. Liliyana mengatakan bahwa ia dan Tontowi sudah membaca kekuatan dan kekurangan lawannya di gim pertama, hingga pada gim kedua mereka mampu membuat Chan/Goh tak dapat mengembangkan pola mereka di gim kedua. Unggul jauh 13-7, Tontowi/Liliyana tak terbendung lagi, satu sambaran cepat dari Tontowi memastikan pasangan Indonesia merebut tiket ke final.

Pada babak final besok, Tontowi/Liliyana akan ditantang pasangan asal Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl. Skor pertemuan sementara ini imbang 1-1 bagi kedua pasangan. Meskipun kalah pada pertemuan terakhir, namun Tontowi/Liliyana mengungkapkan bahwa mereka optimis bisa memboyong gelar All England pertamanya.