(All England) Tontowi/Liliyana ke Semifinal

(Birmingham, 9/3/2012) Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengamankan satu tempat di semifinal All England 2012 usai menghempaskan wakil tuan rumah, Nathan Robertson/Jenny Wallwork, dengan skor 21-19, 14-21, 21-6.

“Pada gim kedua kami masuk ke irama permainan mereka yang lambat, selain itu kami banyak melakukan kesalahan yang tidak perlu, apalagi skor dari awal sudah ketat” kata Liliyana ketika ditanya mengenai kekalahannya di gim kedua.

Pertandingan ini juga sempat diwarnai dengan insiden protes Liliyana kepada wasit saat kedudukan 14-10. Saat itu serve Liliyana ke arah Jenny dinyatakan keluar oleh service judge, sementara menurut Liliyana bola jatuh di dalam area pertahanan lawannya tersebut. Namun wasit akhirnya menyatakan serve out dan poin pun bertambah bagi pasangan Inggris.

“Untungnya kami bisa lebih sabar dan mampu mengontrol permainan pada gim ketiga. Lawan jadi tak mampu mengembangkan permainan, mereka jadi terlihat serba salah di lapangan” tambahnya.

Tontowi/Liliyana sempat membuat suasana menjadi menegangkan saat mereka tertinggal dan kehilangan gim kedua. Namun pada gim penentuan, Tontowi/Liliyana tak terbendung lagi, mereka kembali ke pola permainan mereka dan membuat lawan menjadi kewalahan hingga tertinggal cukup jauh, 5-17 dan akhirnya menyerah.

“Tontowi/Liliyana membuktikan bahwa mereka memang pantas menyandang peringkat empat dunia. Kami mampu mengimbangi permainan mereka di awal, namun tidak pada gim ketiga” ungkap Nathan.

Pada babak semifinal besok, Tontowi/Liliyana akan menantang pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yang hari ini menumbangkan pemain tuan rumah, Chris Adcock/Imogen Bankier, 21-16, 15-21, 21-17.