(All England) Taufik Gagal Hadang Lin Dan

(Birmingham, 9/3/2012) Taufik Hidayat terhenti di babak perempat final All England 2012 setelah gagal menghadang pemain nomor satu China, Lin Dan. Pebulutangkis Indonesia berusia 31 tahun ini harus kembali mengakui keunggulan Super Dan setelah menyerah dengan skor 18-21, 8-21.

“Dari awal saya berpikir bahwa jika ingin menang, saya harus memenangkan gim pertama, namun sayang saya membuat banyak kesalahan sendiri terutama di poin-poin terakhir. Meskipun saya kalah, saya cukup puas karena bisa menikmati permainan ini, tidak seperti tahun lalu” kata Taufik yang ditemui usai bertanding.

Permainan berlangsung cukup alot pada gim pertama dimana kedua pemain saling berkejaran poin. Taufik bahkan sempat memimpin pada kedudukan 15-14.

Namun di gim kedua, penampilan Taufik seperti anti klimaks, ia tertinggal jauh hingga 5-18. Selisih poin terlalu jauh, cukup sulit bagi Taufik untuk mengejar. Lin Dan akhirnya merebut gim kedua dengan skor cukup telak, 21-8.

“Kondisi fisik saya sudah menurun di gim kedua, sehingga saya sulit untuk berkonsentrasi dan mengontrol permainan. Namun saya sudah memiliki standard dan pada turnamen selanjutnya saya sudah tahu dimana letak kekurangan saya” ungkap pemain yang merupakan peraih medali emas tunggal putra Olimpiade Athena 2004 ini.

Meskipun harus tersingkir di babak perempat final All England, Taufik tetap optimis untuk bisa berlaga di Olimpiade London pada Juli mendatang. Taufik kini berada di peringkat 12 dunia, jika ia ingin lolos ke olimpiade, maka ia tak boleh keluar dari jajaran 16 besar dunia.

“Saya yakin akan bisa berlaga di olimpiade yang mungkin menjadi olimpiade terakhir untuk saya. Saat ini saya terus berusaha agar saya tidak terlempar dari rangking 16” tambahnya.

Sementara itu sang rival, Lin Dan mengatakan bahwa dirinya sudah mewaspadai Taufik, apalagi Taufik mampu menundukkan Chen Jin dalam dua gim langsung.

“Saya tidak mau lengah karena semalam Taufik baru mengalahkan rekan saya, Chen Jin. Taufik tampil baik hari ini, bahkan pertandingan tadi mengingatkan saya akan Taufik yang dulu” kata Lin Dan.

Dengan kalahnya Taufik, maka nomor tunggal putra tinggal menyisakan Dionysius Hayom Rumbaka di perempat final. Malam ini Hayom akan menantang pebulutangkis nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei.