(All England) Tontowi/Liliyana Melaju, Rijal/Debby Terhenti

(Birmingham, 8/3/2012) Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melaju ke babak perempat final All England 2012 usai menuntaskan perlawanan pasangan China, He Hanbin/Yixin Bao dalam dua gim langsung, 21-11, 21-18.

“Kami bisa langsung in sejak awal, lawan jadi sulit mengembangkan permainannya. Sayang pada gim kedua kami sedikit membuat kesalahan hingga poinnya ketat” kata Liliyana yang ditemui usai pertandingannya.

Pasangan Indonesia ini memang terlihat mendominasi permainan, Tontowi/Liliyana bahkan unggul jauh hingga 15-5 di gim pertama. Pada gim kedua permainan terlihat lebih sengit, He/Yixin terus berusaha menyamakan kedudukan hingga 17-17. Untungnya Tontowi/Liliyana mampu kembali ke permainan awalnya dan menyudahi gim kedua sekaligus memastikan diri ke perempat final.

“Berbeda dengan pertemuan sebelumnya, kali ini kami bisa konsentrasi penuh. Semoga saja besok kami bisa bermain lebih baik lagi” kata Tontowi menambahkan. Kedua pasangan sebelumnya pernah bertemu di Macau Open Grand Prix Gold 2011, saat itu Tontowi/Liliyana menang dengan skor tipis 21-14, 20-22, 24-22.

Sayangnya pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto gagal menyusul Tontowi/Liliyana. Mereka harus mengakui keunggulan lawannya yang merupakan pasangan unggulan kedelapan asal Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl dengan skor 18-21, 17-21.

Pasangan ganda putri Greysia Polii/Meiliana Jauhari harus terhenti di babak kedua setelah menyerah dari ganda terkuat dunia asal China, Wang Xiaoli/Yu Yang, 16-21, 12-21. Peraih emas ganda putra Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido/Hendra Setiawan juga gagal menghadang pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen saat dikalahkan 18-21, 17-21.