(All England) Tekuk Chen Jin, Taufik Susul Hayom

(Birmingham, 8/3/2012) Indonesia kembali menempatkan wakilnya di babak perempat final All England 2012. Pada nomor tunggal putra, Taufik Hidayat yang merupakan peraih emas Olimpiade Athena 2004 berhasil menundukkan unggulan kelima, Chen Jin dari China dalam dua gim langsung, 21-19, 21-19.

Taufik yang hari ini bermain dengan cemerlang, akhirnya memupuskan harapan Chen Jin untuk berjumpa seniornya, Lin Dan di babak delapan besar besok.

“Saya sangat termotivasi untuk bisa berlaga di Olimpiade London, oleh karenanya saya harus tampil lebih baik agar dapat mengumpulkan poin. Hari ini saya bermain cukup baik dan mampu mengendalikan Chen Jin. Penampilan tahun ini cukup baik jika dibandingkan tahun lalu yang menurun” kata Taufik yang ditemui usai bertanding.

Pada pertandingan yang berlangsung selama 62 menit tersebut, Taufik sempat melayangkan protes kepada wasit, ia beberapa kali menolak untuk mengganti shuttlecock yang diajukan Chen Jin. Hal ini ternyata terus berulang hingga Taufik mulai kehilangan kesabaran dan meminta referee turun tangan pada kedudukan 13-7 di gim pertama. Dukungan penuh yang terus diberikan penonton National Indoor Arena kepada Taufik membuatnya semangatnya kian membara, ia pun akhirnya membungkam Chen Jin dan merebut tiket perempat final.

Usai kemenangannya, salah satu pebulutangkis terbaik Indonesia ini juga mengatakan bahwa ia juga termotivasi untuk mengalahkan Chen Jin untuk menahan laju rangking lawannya tersebut. Seperti diketahui, Chen Jin kini tengah berusaha untuk melewati Peter Hoeg Gade yang berada di peringkat empat dunia agar bisa lolos ke olimpiade.

Berdasarkan peraturan yang dirilis komite olimpiade, setiap negara yang memiliki tiga pemain tunggal yang menempati peringkat empat besar, berhak untuk mengirimkan ketiga wakil tersebut. Sementara China kini telah mengamankan dua tempat lewat Lin Dan dan Chen Long yang masing-masing berada di rangking dua dan tiga dunia.

“Saya tidak ingin China mendominasi dengan mengirimkan tiga pemainnya ke olimpiade. Apalagi Peter Gade kemarin sudah kalah, Chen Jin pasti ingin menang hari ini agar peringkatnya terus naik” jelas Taufik.

Pada pertandingan selanjutnya, Taufik akan berhadapan dengan pebulutangkis China lainnya, yaitu Lin Dan. Keduanya sudah dua belas kali bertemu, dimana sembilan pertarungan diantaranya dimenangkan Lin Dan.

“Lin Dan merupakan pemain yang bagus, hingga saat ini ia masih bisa dibilang yang terbaik. Kita lihat saja besok di lapangan, semoga saya bermain lebih baik lagi dari hari ini” tambahnya.

Sementara itu, di nomor ganda putra, pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano juga melaju ke babak delapan besar dengan mengandaskan pasangan Malaysia, Mohd Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari, dalam dua gim langsung 24-22, 21-13.

Sayangnya pemain tunggal putri Maria Febe Kusumastuti harus tersingkir setelah dikalahkan unggulan ketujuh dari China, Li Xuerui. Febe yang berangkat dari babak kualifikasi ini meyerah dalam dua gim langsung, 11-21, 19-21. Pada nomor ganda campuran, pasangan Hendra Setiawan/Vita Marissa juga harus mengakui keunggulan ganda Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen dengan skor 7-21, 9-21