(All England) Taklukkan Unggulan Enam, Hayom ke Perempat Final

(Birmingham, 8/3/2012) Indonesia sementara menempatkan satu wakil tunggal putra di perempat final All England 2012 lewat Dionysius Hayom Rumbaka. Pemain asal PB Djarum ini melaju setelah mengalahkan pemain unggulan keenam asal Jepang, Sho Sasaki, dalam dua gim langsung, 21-17, 21-17.

“Dari awal Sasaki terlihat tidak nyaman dengan pola permainan yang saya terapkan. Tadi saya mencoba bermain serang dengan tempo yang cepat, saya tidak ingin mengikuti pola permainan dia” kata Hayom mengenai kemenangannya.

Sejak awal permainan, Hayom memang terlihat memegang kendali permainan. Terbukti ia jauh meninggalkan Sasaki 5-0 di gim pertama. Meskipun sempat tersusul, Hayom yang bermain agresif akhirnya kembali unggul 13-8 dan merebut gim pertama.

Tanpa memberi kesempatan untuk Sasaki mengembangkan permainannya, Hayom kembali unggul di gim kedua. Sasaki tak dapat berbuat banyak akhirnya menyerah di tangan Hayom dengan skor 17-21.

“Semoga kemenangan hari ini membuat rasa percaya diri saya meningkat dan bisa memenangkan pertandingan-pertandingan saya selanjutnya” tambah Hayom.

Pada babak delapan besar besok, kemungkinan besar Hayom akan bertemu dengan pemain terkuat dunia, Lee Chong Wei asal Malaysia. Partai ini merupakan ulangan Piala Sudirman 2011 dimana kala itu Hayom menyerah dengan skor telak dari Chong Wei, 8-21, 8-21.

“Tentunya saya tidak ingin kejadian itu terulang, saya mengakui jika saat itu saya bermain kurang maksimal dan minim persiapan. Saya berharap kali ini bisa mengimbangi dia dan yang terpenting saya bisa mengeluarkan permainan saya dulu” ujar pemain rangking 28 dunia ini.

Sebelumnya di Djarum Superliga Badminton Indonesia 2011, Hayom juga dipertemukan dengan Chong Wei yang kala itu mewakili klub SGS PLN Bandung. Meskipun kalah, Hayom mampu memberikan perlawanan sengit, 21-18, 23-25, 20-22.