(All England) Lagi, Hayom Tundukkan Du Pengyu

 

(Birmingham, 7/3/2012) Dionysius Hayom Rumbaka kembali menghentikan perlawanan tunggal putra China, Du Pengyu pada babak pertama turnamen All England 2012 dengan skor 21-16, 15-21, 21-19. Dengan kemenangannya atas pemain peringkat sepuluh dunia tersebut, Hayom berhak untuk maju ke babak kedua.

Kemenangan ini merupakan yang kedua kalinya bagi Hayom. Sebelumnya ia juga menghempaskan Du pada kejuaraan Japan Open Superseries 2011, dalam dua gim langsung 21-10, 21-16.

“Kunci kemenangan saya adalah pantang menyerah. Ketika tertinggal saya sempat merasa putus asa, namun pelatih terus mendorong saya dan mengatakan bahwa peluang saya masih ada. Saya coba terus ngotot untuk tembus pertahanannya dia dan ternyata berhasil” kata Hayom usai bertanding.

Sempat unggul di gim pertama, Hayom sempat sulit menyesuaikan diri dengan angin di lapangan, ia pun harus kehilangan gim kedua. Pada gim ketiga, ia juga tertinggal jauh hingga 13-17. Namun Hayom mengatakan dirinya mencoba lebih sabar dan menahan laju perolehan skor lawan hingga akhirnya bisa menyusul dan menang.

Hayom juga menambahkan bahwa Du Pengyu merupakan pemain yang pandai mengatur tempo permainan, oleh karenanya ia harus berpikir lebih cepat dan selalu mendahului pergerakan lawannya tersebut.

“Menurut saya, Hayom kali ini bisa melewati satu standard permainan dimana dia bisa lebih tahan di lapangan. Artinya, kalau biasanya susah menembus lawan dan putus asa, sekarang sudah bisa ngotot dan fight terus. Saya juga terus menyemangati dan mengatakan bahwa lawan sebetulnya sudah tidak menyukai bola-bola dia, jadi terus usaha dan jangan menyerah meski ketinggalan” kata Agus Dwi Santoso, sang pelatih menjelaskan.

Hayom merupakan tunggal putra pertama yang melaju ke babak kedua, sebelumnya Simon Santoso harus tersingkir di babak pertama setelah dikalahkan Hans-Kristian Vittinghus dari Denmark dalam permainan tiga gim, 14-21, 21-8, 7-21. Sementara itu Taufik Hidayat dan Tommy Sugiarto baru akan bertanding sore ini.