(Kualifikasi Piala Thomas dan Uber) Tim Thomas dan Uber Indonesia Penuhi Target

(Makau, 19/2/2012) Indonesia akhirnya memenuhi targetnya untuk lolos ke putaran final Piala Thomas dan Uber yang akan berlangsung pada 20-27 Mei 2012 di Wuhan, China.

Tim Thomas Indonesia memastikan diri ke putaran final saat berhasil menyingkirkan tim Korea di perempat final dengan skor 3-2. Meskipun akhirnya harus dikalahkan China 0-3 di semifinal, namun kekalahan ini sudah tak berpengaruh lagi. Tim Thomas Indonesia juga menempatkan diri di peringkat ketiga setelah mengalahkan tim Malaysia 3-2.

Sementara itu tim Uber yang tidak dijagokan juga akhirnya hampir dipastikan juga akan ikut berlaga di putaran final pada 20-27 Mei di Wuhan, China. Meskipun dikalahkan China di perempatfinal, namun Indonesia mampu memanfaatkan tiket sisa yang diperebutkan di babak playoff.

Dengan mengalahkan Singapura 5-0, Malaysia 5-0 dan Hongkong 4-1, putri-putri Indonesia mengukuhkan diri di peringkat lima. Satu tiket ke Wuhan akan diperebutkan negara peringkat kelima zona Asia dan peringkat keempat zona Eropa, dengan menghitung total poin berdasarkan rangking dari tiga tunggal putri terbaik dan dua ganda putri terbaik. Hari ini Belanda dan Rusia akan bertanding memperebutkan posisi keempat di zona Eropa.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Kabid Binpres PBSI Hadi Nazri tim Uber Indonesia memiliki total poin sebesar 188.328,8, sementara Belanda 139.748 dan Rusia 116.044. Yacob Rusdianto, wakil manajer tim Indonesia mengatakan bahwa dirinya sudah mendapatkan konfirmasi secara lisan dari Wakil Presiden BWF dan Sekjen BAC bahwa kuota tiket tambahan tersebut memang ada dan akan diumumkan setelah kualifikasi zona Eropa selesai dilangsungkan.

“Kami senang akhirnya bisa lolos ke putaran final karena target kami datang kesini untuk lolos. Secara keseluruhan kami puas dengan penampilan para atlet, kami sangat berterima kasih kepada mereka karena sudah berjuang dengan maksimal” kata Yacob.

Ia juga menambahkan bahwa tim Uber yang bahkan melawan Singapura dan Malaysia saja diragukan, ternyata mampu menghabisi kedua tim tersebut dengan skor 5-0. Dua pemain tunggal putri Adriyanti Firdasari dan Maria Febe Kusumastuti juga dinilai memiliki penampilan yang yang cukup baik dan stabil.

“Setelah ini kami ingin fokus untuk mempersiapkan diri jelang putaran final. Masih ada waktu tiga bulan untuk memperbaiki kekurangan kami. Mengenai perubahan komposisi pemain, masih ada kemungkinan, semua pebulutangkis terbaik Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi tim inti” tambahnya.