(Kualifikasi Piala Thomas dan Uber) Tim Thomas Indonesia Peringkat Ketiga

(Makau, 18/2/2012) Tim Thomas Indonesia mengukuhkan diri di peringkat ketiga Kualifikasi Piala Thomas 2012 setelah mengalahkan tim Malaysia 3-2 pada siang ini. Sementara itu tim putra China dan Jepang akan berlaga malam ini di babak final.

Tim Indonesia sempat kehilangan dua poin pertama atas Malaysia. Simon Santoso yang berhadapan dengan Daren Liew harus mundur pada kedudukan 2-7 di gim pertama karena mengalami cedera pada engkel kanannya.

Sayangnya Indonesia kembali kehilangan poin kedua setelah pasangan Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan dikalahkan oleh Goh V Shem/Hoon Thien How 14-21, 18-21. Tommy Sugiarto lagi-lagi menjadi penyelamat regu Merah Putih setelah mengamankan partai ketiga dengan menghentikan perlawanan Mohamad Arif Abdul Latif 21-15, 21-7.

Poin kedua diraih tim Thomas Indonesia setelah juara Olimpiade Beijing 2008 tanpa banyak kesulitan berhasil mengalahkan Lim Khim Wah/Teo Kok Siang 21-16, 21-13.

Partai kelima menjadi partai yang cukup menarik karena Malaysia menurunkan Koo Kien Keat bermain di nomor tunggal melawan Dionysius Hayom Rumbaka. Koo merupakan pemain spesialis ganda putra yang biasa berpasangan dengan Tan Boon Heong, keduanya kini menempati peringkat enam dunia. Tentunya tak perlu waktu lama bagi Hayom untuk memenangkan pertandingan dan membawa tim nya ke peringkat 3. Dalam waktu 23 menit, Hayom mengalahkan Koo dengan skor telak 21-8, 21-9.

"Tadi saya tidak mengalami kesulitan menghadapi Koo, karena dia memang bukan spesialis tunggal. Mungkin karena Malaysia sudah memastikan diri ke putaran final, maka mereka tidak menurunkan pemain terbaiknya pada hari ini" kata Hayom yang ditemui usai bertanding.

Berikut hasil lengkap perebutan peringkat 3-4 antara tim Thomas Indonesia melawan Malaysia :

Simon Santoso vs Daren Liew : 2-7 Retired

Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan vs Goh V Shem/Hoon Thien How : 14-21, 18-21

Tommy Sugiarto vs Mohamad Arif Abdul Latif : 21-15, 21-7

Markis Kido/Hendra Setiawan vs Lim Khim Wah/Teo Kok Siang : 21-16, 21-13

Dionysius Hayom Rumbaka vs Koo Kien Keat : 21-8, 21-9