(Kualifikasi Piala Thomas dan Uber) Tim Thomas Indonesia Terhenti di Semifinal

(Makau, 17/2/2012) Langkah tim Thomas Indonesia harus terhenti di babak semifinal Kualifikasi Piala Thomas 2012 setelah dikalahkan tim China 0-3.

Chen Jin yang turun sebagai tunggal kedua memastikan kemenangan tim China dengan mengalahkan Tommy Sugiarto, 21-14, 21-8. Di atas kertas Chen Jin yang berada di rangking lima dunia memang lebih dijagokan ketimbang Tommy yang memiliki peringkat 17 dunia. Dengan kemenangan ini, Chen Jin menambah rekor pertemuannya atas Tommy menjadi 4-0.

Pada dua partai sebelumnya, Taufik Hidayat ditundukkan oleh Chen Long, 21-13, 21-8. Pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Bona Septano yang turun di partai kedua juga dipaksa menyerah oleh Chai Biao/Guo Zhendong 17-21, 12-21.

“Penampilan Ahsan/Bona memang tidak sebagus kemarin ketika menghadapi ganda Korea, karena kala itu kondisi mereka masih fresh, berbeda dengan hari ini. Kemarin Ahsan/Bona habis bermain tiga gim dan hari ini bertemu lawan yang pukulannya cukup komplit dan permainannya bagus, serta masih fresh” kata Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra mengomentari kekalahan anak didiknya malam ini.

Dengan hasil ini maka tim Thomas Indonesia gagal melangkah ke babak final. Meskipun demikian, sebagai semifinalis pada babak kualifikasi, tim Thomas Indonesia berhak atas tiket ke putaran final yang akan dilangsungkan pada 22-27 Mei di Wuhan, China.

“China memang lebih unggul dari kita. Dari pertandingan ini ada beberapa hal yang harus kita perbaiki, diantaranya adalah ketahanan fisik, daya juang, dan antisipasi arahan strategi” kata Djoko Santoso, Ketua Umum PB PBSI yang menyaksikan langsung perjuangan tim Indonesia di Makau.

Tim Thomas Indonesia akan kembali berlaga di perebutan tempat ke-3 dan 4 yang akan dilangsungkan besok, 18 Februari 2012. Tim Malaysia yang hari ini dikalahkan Jepang 3-0, akan menjadi lawan Indonesia.