(Kualifikasi Piala Thomas dan Uber) Gagal Juara Grup, Tim Uber Indonesia Ditunggu China

(Makau, 15/2/2012) Tim Uber Indonesia akhirnya harus kembali mengakui keunggulan putri-putri Thailand. Pada Kualifikasi Piala Uber 2012 yang berlangsung malam ini, Thailand berhasil mengalahkan Indonesia 3-2 dan mengukuhkan diri menjadi juara grup Y. Dengan hasil ini maka di perempat final besok, Indonesia akan berhadapan dengan China yang merupakan juara grup W.

Adriyanti Firdasari sebetulnya sudah membuka jalan bagi tim Indonesia dengan mengalahkan tunggal putri utama Thailand, Ratchanok Intanon dalam dua gim langsung, 21-16, 23-21. Pada partai pertama yang sangat menentukan ini, Firda mengatakan bahwa Ratchanok tidak bermain dengan pola permainannya yang biasanya menyerang dengan tempo yang cepat.

“Mungkin dia tahu kalau saya pemain yang biasa menyerang, tadi dia mencoba memperlambat tempo permainan dan memberikan bola-bola lob. Sebetulnya ini juga bukan tipe permainannya dia, sepertinya dia ingin menyulitkan posisi saya. Namun ternyata ini jadi bumerang untuk Ratchanok, akhirnya saya bisa menyesuaikan dengan pola permainan ini dan justru dia yang kewalahan” ungkap Firda setelah pertandingannya.

Sayangnya sukses Firda tak diikuti dua rekannya yang turun di partai kedua dan ketiga. Semua partai tunggal harus dimainkan di awal karena tunggal ketiga Thailand, Sapsiree Taerattanachai bermain rangkap sebagai ganda pertama bersama Savitree Amitrapai.

Linda Wenifanetri harus menyerah dari Porntip Buranaprasertsuk setelah berjuang dalam permainan tiga gim, 18-21, 21-10, 18-21. Thailand kembali menambah poin dari tunggal ketiganya, Sapsiree Taerattanachai yang menghentikan Bellaetrix Manuputty, juga dalam tiga gim, 21-12, 14-21, 21-11.

Unggul 2-1, Thailand semakin tampil percaya diri. Bahkan nomor ganda putri yang sebetulnya tak terlalu dijagokan akhirnya menjadi penentu kemenangan tim Gajah Putih tersebut. Pasangan dadakan Liliyana Natsir/Meiliana Jauhari dikalahkan oleh pasangan Saralee Thoungthongkam/Kunchala Voravichitchaikul dengan skor 18-21, 19-21.

Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari memenangkan pertandingan terakhir setelah pasangan Sapsiree Taerattanachai/Savitree Amitrapai mundur pada kedudukan 3-4.

Wakil manajer tim Indonesia, Yacob Rusdianto yang ditemui usai pertandingan tim Uber mengatakan bahwa apa yang dicapai tim nya hari ini merupakan hasil perjuangan yang maksimal.

“Saya lihat anak-anak sudah melakukan yang terbaik, mereka sudah memperlihatkan usahanya di lapangan. Meskipun harus kalah, namun skor nya juga tipis. Sebetulnya kita sudah mengawali dengan baik melalui Firda yang mengalahkan andalan Thailand, Ratchanok Intanon. Namun sekali lagi, mereka sudah berusaha semaksimal mungkin, inilah hasil yang harus kita terima” ujarnya.