(Kualifikasi Piala Thomas dan Uber) Hadapi Singapura, Indonesia Waspadai Dua Tunggal

 

(Makau, 13/2/2012) Tim Thomas Indonesia akan berhadapan dengan negara tetangga, Singapura pada penyisihan grup B, Kualifikasi Piala Thomas 2012. Pertandingan ini merupakan laga kedua bagi tim Thomas Indonesia, pada pertandingan pertama hari ini mereka berhasil menghabisi tuan rumah Makau, 5-0.

Meskipun lebih diunggulkan ketimbang Singapura, namun tim Indonesia tak boleh lengah. Seperti yang diungkapkan Simon Santoso, ia sejak awal sudah mewaspadai dua tunggal putra asal negeri Singa tersebut yaitu Zi Liang Derek Wong dan Yong Zhao Ashton Chen.

Derek yang merupakan pemain berusia 23 tahun ini sempat mengejutkan penonton Wembley Arena, London, ketika Kejuaraan Dunia 2011 lalu. Kala itu, ia yang pemain ranking 46 dunia berhasil menghentikan Taufik Hidayat, dalam dua gim langsung, 21-17, 21-14.

Sementara Ashton merupakan pemain berperingkat 60 dunia yang hari ini berhasil mencuri angka pertama untuk negaranya saat berhadapan dengan tim India. Tunggal ketiga Singapura, Chao Huang yang diatas kertas jauh dibawah lawannya, Anand Pawar, juga mampu menyumbangkan angka kedua. Meskipun kalah, penampilan tunggal putra Singapura hari ini cukup baik, mereka berhasil mempertipis kekalahan atas India menjadi 2-3.

“Derek dan Ashton memang dua pemain yang kami waspadai. Namun melihat penampilan anak-anak disini, saya yakin kita mampu mengatasi mereka. Sekarang ini kami berusaha untuk bisa menjaga fokus dan pikiran mereka” kata Agus Dwi Santosa, pelatih tunggal putra.

Mengenai susunan pemain yang akan diturunkan, Agus mengatakan hal itu masih akan didiskusikan bersama tim pelatih dan manajer. Ia mengatakan bahwa Simon Santoso dan Taufik Hidayat ada kemungkinan akan diturunkan karena mereka masih perlu pemanasan lagi.