(Kualifikasi Piala Thomas dan Uber) Hadapi Indonesia, Tim Uber Thailand Andalkan Sektor Tunggal

(Makau, 14/2/2012) Sektor tunggal menjadi andalan utama putri-putri Thailand dalam menghadapi tim Uber Indonesia pada babak penyisihan grup Y, Kualifikasi Piala Uber 2012. Dengan dimotori pemain penyandang gelar tiga kali Juara Dunia Junior, Ratchanok Intanon, Thailand menyatakan siap bertarung melawan Indonesia.

“Besok akan menjadi pertarungan yang menentukan untuk tim kami, melawan Indonesia bukanlah hal yang mudah, karena Indonesia memiliki pemain yang bagus-bagus. Apalagi kali ini ada Greysia Polii/Meiliana Jauhari yang turut memperkuat tim” kata Ratchanok yang ditemui di sela-sela latihannya.

Sebagai tunggal pertama andalan negaranya, Ratchanok mengatakan akan mengerahkan segala kemampuannya pada pertandingan besok. Kemungkinan besar partai tunggal pertama akan mempertemukan kembali Ratchanok dengan Adriyanti Firdasari, lawannya ketika kejuaraan beregu SEA Games 2011 lalu. Kala itu Ratchanok berhasil menghentikan laju Firda, dengan skor 12-21, 21-19, 19-21.

Meskipun unggul pada pertemuan terakhirnya, Ratchanok mengaku tak akan lengah. Menurutnya Firda merupakan pemain yang memiliki skill dan teknik yang bagus, terutama dari segi pertahanan (defense).

“Menurut saya peluang Thailand melawan Indonesia adalah 50:50. Namun kemenangan di SEA Games 2011 kemarin cukup membuat tim kami percaya diri, jika ingin menang besok, kami harus mengamankan tiga poin dari sektor tunggal putri” tambah pemain berusia 17 tahun ini.

Thailand kemungkinan akan menurunkan susunan pemain yang kurang lebih sama dengan laga SEA Games lalu. Jika kala itu Porntip Buranaprasertsuk menjadi tunggal pertama, kini giliran Ratchanok yang memiliki ranking yang lebih tinggi yang akan turun. Tunggal ketiga akan diisi oleh pemain peringkat 36 dunia, yaitu Sapsiree Taerattanachai.

Pada nomor ganda, Thailand pun sepertinya masih akan mengandalkan pasangan Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul sebagai ganda pertama dan Saralee Thoungthongkam/Savitree Amitrapai di ganda kedua.

Pertandingan penyisihan grup Y antara Indonesia melawan Thailand akan berlangsung pada Rabu, 15 Februari 2012, pukul 18.30 waktu Makau.