(Kualifikasi Piala Thomas dan Uber) Tim Indonesia Mulai Berlatih

 

(Makau, 10/2/2012) Sehari setelah tiba di Makau, tim Piala Thomas dan Uber Indonesia mulai berlatih. Tim putri lebih dulu berlatih dari pukul 08.30 – 09.30, disusul tim putra pada pukul 09.30-10.30.

 

Sesi latihan dibagi menjadi dua bagian, yaitu latihan teknik dan latihan fisik. Latihan teknik dilangsungkan pada pagi hari di lapangan milik Instituto Politecnico De Macau, yang telah disewa PBSI dalam dua hari kedepan. Hall latihan ini terletak sekitar 500 m dari hotel tempat atlet menginap. Sementara latihan fisik akan dilakukan di gym (pusat kebugaran) hotel pada sore hari.

 

Latihan di hari pertama ini bertujuan untuk pemulihan kebugaran atlet yang baru saja menempuh perjalanan jauh, sehingga para pelatih tidak memberikan sesi latihan yang terlalu berat.

 

“Hari ini kami latihan ringan saja, untuk pemanasan dan recovery dari perjalanan jauh kemarin. Pertandingan puncak penyisihan grup diperkirakan akan terjadi saat melawan tim Thailand pada hari Rabu depan, jadi sekarang kami tidak langsung memberikan latihan yang terlalu berat” kata Wong Tat Meng, pelatih tunggal putri.

 

Sama halnya dengan tim tunggal putri, para atlet ganda putri pun tidak mendapat sesi latihan yang berat. Suasana latihan hari ini terlihat menyenangkan, para atlet tampak ceria dan rileks, sesekali mereka tertawa saat rekannya gagal mengembalikan pukulan.

 

“Saya sangat menikmati sesi latihan hari ini, suasananya menggembirakan. Hari ini kami belum berlatih terlalu berat, yang penting bisa menyesuaikan dengan kondisi di Makau. Sejauh ini saya dan teman-teman menikmati suasana di sini, cuaca yang dingin pun tidak masalah bagi kami” kata Greysia Polii usai berlatih.

 

Senada dengan tim putri, tim putra pun terlihat menikmati latihan hari ini. Keempat tunggal putra, Simon Santoso, Taufik Hidayat, Dionysius Hayom Rumbaka, dan Tommy Sugiarto bahkan sempat bermain ganda putra di akhir latihan mereka. Simon berpasangan dengan Taufik, sementara Hayom bersama Tommy.

 

Tim putra dan tim putri menutup sesi latihan pertama mereka hari ini dengan melakukan sprint (lari cepat). Usai latihan teknik, sore ini para atlet dijadwalkan sesi weight training, atau latihan beban untuk menjaga ketahanan fisik. Latihan akan dipandu oleh pelatih fisik PBSI, Felix Ary Bayu.