(Kualifikasi Piala Thomas dan Uber) Christian : Indonesia Underdog, Beban Ada di Lawan

(Jakarta, 2/2/2012) Berdasarkan daftar unggulan Kualifikasi Zona Asia Piala Thomas dan Uber 2012 yang dirilis oleh Badminton Asia Confederation (BAC), tim Piala Thomas Indonesia berada pada posisi keempat, sementara tim Piala Uber di tempat kelima.

 

Gambaran diatas menunjukkan betapa tim Indonesia harus berjuang keras agar mampu lolos kualifikasi yang akan berlangsung di Macau, 13-19 Februari mendatang. Tentunya bukanlah hal yang mudah bagi Indonesia yang tidak diunggulkan untuk menundukkan lawan-lawannya, ditambah lagi tim terkuat dunia, China, juga memutuskan untuk berlaga di kualifikasi.

 

Namun Koordinator Pelatih Ganda PBSI, Christian Hadinata mengatakan bahwa situasi ini sebetulnya dapat dimanfaatkan oleh tim Indonesia.

 

“Dengan status underdog, seharusnya tim kita bisa bermain lebih lepas. Tentunya atlet akan tampil lebih baik jika bermain tanpa beban. Justru beban ada pada lawan yang lebih diunggulkan.” kata Christian saat mendampingi tim ganda berlatih di Pelatnas Cipayung.

 

Tim Piala Thomas Indonesia berada di grup B bersama India, Singapura, dan Macau. Sementara tim Uber mendapatkan undian yang kurang menguntungkan. Berada di grup Y bersama Thailand, Srilanka dan Kazakhstan, tim putri Indonesia mau tak mau harus menjadi juara grup jika tak ingin berjumpa China di perempat final.

 

Pada perebutan Piala Thomas dan Uber 2010 di Kuala Lumpur, tim Thomas Indonesia mampu mencapai babak final dan akhirnya dikalahkan China 0-3. Sementara tim Uber terhenti di semifinal, juga dikalahkan oleh negara terkuat di bulutangkis yaitu China dengan skor 0-3.