(Kualifikasi Piala Thomas dan Uber) Tim Inti Terbentuk, Pelatih Pertajam Strategi

(Jakarta, 24/1/2012) Dengan terbentuknya tim inti Piala Thomas dan Uber 2012, tim pelatih dan manajer akan mempertajam strategi dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) jelang perhelatan kualifikasi yang akan dilangsungkan 13-19 Februari mendatang di Macau.

 

Hal ini diungkapkan M. Ferryansyah pada acara pengumuman tim inti Piala Thomas dan Uber 2012 di Pelatnas PBSI Cipayung, Selasa 24/1.

 

“Kami optimis bisa lolos kualifikasi Piala Thomas dan Uber dengan strategi yang akan kami terapkan. Selain itu kami juga sudah mulai melakukan analisis SWOT bersama para pelatih” kata Ferry.

 

Dengan masuknya nama-nama tim inti kualifikasi dari semua negara, maka tim ofisial dapat menentukan prediksi calon-calon lawan nanti. Hasil SWOT inilah yang menjadi acuan prediksi penentuan peluang, penurunan pemain, hingga perkiraan skor akhir pertandingan.

 

“Pelatih tentunya sudah tahu perkiraan siapa calon lawan dan siapa yang akan diturunkan. Dengan analisis SWOT ini maka kita dapat mengukur kekuatan dan kekurangan kita dimana dan strategi apa yang harus diterapkan agar bisa mencuri poin dari tim lawan” kata Christian Hadinata, Koordinator Pelatih Ganda PBSI.

 

Christian juga menambahkan bahwa hasil final analisis SWOT yang telah dirembukkan oleh patih dan tim ofisial juga akan diinformasikan kepada para atlet yang akan diturunkan. Hal ini dimaksudkan agar mereka bisa mempersiapkan diri lebih optimal.

 

“Jika atlet sudah diberitahukan mengenai hasil analisis SWOT ini, maka dia akan bisa bersiap misalnya dengan simulasi dalam latihan, berdiskusi dengan pelatih, menonton video lawan, dan lain-lain” ujar Christian yang juga didaulat menjadi koordinator tim Piala Thomas dan Uber 2012.