Peringkat Simon Turun, Hayom Naik

(Jakarta, 19/1/2012) Peringkat Simon Santoso merosot dua tingkat menjadi ke posisi 10 setelah minggu lalu ia menduduki peringkat 8 dunia. Desember lalu, Simon sempat bertengger di posisi 7 dunia selama tiga minggu berturut-turut. Tak hanya Simon, Taufik Hidayat juga harus kembali turun peringkat ke posisi 12.

 

Berbeda dengan Simon dan Taufik, peringkat Dionysius Hayom Rumbaka justru naik empat tingkat. Hayom yang minggu lalu berada di posisi 29 dunia kini menempati peringkat 25.

 

“Semoga saya bisa mencapai hasil maksimal di pertandingan selanjutnya, agar rangking saya terdongkrak ke atas terus” kata Hayom mengomentari peringkatnya minggu ini.

 

Pada sektor tunggal putri, peringkat Lindaweny Fanetri harus merosot sembilan tingkat hingga ke posisi 47 dunia. Namun Adriyanti Firdasari berhasil merangkak naik lima tingkat menjadi posisi 34 dunia. Sementara Aprilia Yuswandari yang absen pada dua turnamen terakhir, naik satu peringkat menjadi posisi 42 dunia. Senada dengan kedua rekannya, peringkat Maria Febe Kusumastuti juga mengalami kenaikan dua tingkat ke posisi 45 dunia.

 

Di nomor ganda, pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano dan Greysia Polii/Meiliana Jauhari harus turun satu peringkat, masing-masing kini menempati posisi 7 dan 9 dunia. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir belum bergeser dari peringkat 4 dunia.

 

Persaingan kian terbaca jelas dari pergeseran rangking tiap minggunya, pasalnya kini tiap pemain sedang berlomba-lomba mengumpulkan poin jelang event olahraga terakbar yaitu Olimpiade 2012 yang akan berlangsung di London, Agustus mendatang.

 

Penentuan kualifikasi Olimpiade 2012 akan mengacu pada rangking BWF periode 3 Mei 2012, artinya para pemain hanya memiliki waktu hingga bulan April 2012 untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Rangking BWF periode 3 Mei 2012 ini merupakan hasil penghitungan poin dari 2 Mei 2011 hingga 29 April 2012.