(Malaysia Superseries) Tontowi/Liliyana Gagal ke Final

(Kuala Lumpur, 14/1/2012) Satu-satunya wakil Indonesia di Malaysia Open Superseries 2012, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus terhenti di babak semifinal hari ini. Tontowi/Liliyana belum berhasil membalas kekalahan mereka atas Xu Chen/Ma Jin, dari China, saat dikalahkan dalam permainan dua gim, 17-21, 14-21.

 

“Ini penyakit lama, kami sudah unggul, tapi malah tersusul dan kalah. Saya pribadi merasa kurang tampil maksimal hari ini, banyak sekali pukulan saya yang ragu-ragu. Kami juga kalah di permainan depan, kalau sudah begini mau tidak mau harus main defense, tapi ternyata pertahanan kami juga tidak solid” kata Liliyana.

 

Kalah di gim pertama, Tontowi/Liliyana sebetulnya sempat unggul jauh di gim kedua hingga 9-5. Namun akibat beberapa kesalahan sendiri, pasangan Indonesia harus merelakan poin jatuh ke tangan lawan. Xu/Ma yang semakin percaya diri, kian berlari meninggalkan Tontowi/Liliyana hingga mereka berhasil membalikkan keadaan menjadi unggul 17-11 dan menutup gim kedua dengan skor 21-14.

 

Dengan kalahnya Tontowi/Liliyana, pupus sudah harapan Indonesia menempatkan wakilnya di partai puncak besok. Sementara ini China memiliki wakil terbanyak di babak semifinal dengan sembilan wakil, disusul Jepang dengan tiga wakil. Sementara Korea dan tuan rumah Malaysia menempatkan dua wakilnya. Indonesia, Denmark, India, dan Taiwan masing-masing berbagi satu tempat di babak semifinal hari ini.