(Piala Thomas dan Uber) Tim Psikolog UI Dampingi Atlet Jelang Thomas – Uber

(Jakarta, 29/12/2011) Sejumlah langkah diambil PBSI untuk memaksimalkan performa atlet khususnya jelang dua kejuaraan besar di tahun 2012 mendatang yaitu Piala Thomas dan Uber serta Olimpiade London.

 

Salah satu bentuk konkritnya adalah dengan mendatangkan sejumlah psikolog untuk mendampingi para atlet jelang kejuaraan beregu paling bergengsi tersebut. Tim psikolog yang didatangkan langsung dari Universitas Indonesia ini merupakan pakar yang berpengalaman menangani psikologi atlet dari berbagai cabang olahraga di Indonesia.

 

“Segala upaya akan kita lakukan untuk mendukung para atlet di Piala Thomas dan Uber nanti. Bahkan tak menutup kemungkinan progam ini akan dilanjutkan setelah Piala Thomas dan Uber selesai, jika memang memberikan dampak yang positif bagi atlet” ujar Yacob Rusdianto, Sekjen PBSI.

 

Bersamaan dengan penetapan tim ofisial Piala Thomas dan Uber, tim psikolog menyampaikan gambaran program kepada para atlet di pelatnas PBSI Cipayung, Rabu 28/12 lalu. Pada kesempatan ini manajer tim Piala Thomas dan Uber 2012, Mochamad Feryansyah mengatakan bahwa ia sangat mengharapkan program ini dapat membantu atlet meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri atlet.

 

Tak hanya kepada atlet, sebelumnya para pelatih pun diberikan bimbingan dan gambaran mengenai pelaksanaan program, karena program ini tentunya tak bisa lepas dari peran pelatih sebagai orang terdekat di keseharian atlet.

 

Program yang rencananya akan dimulai pada Januari 2012 ini akan terdiri dari tiga hingga empat sesi per minggu. Bentuk bimbingan dilakukan dengan secara personal, focus group discussion pada kasus tertentu atau sesi terapi jika diperlukan.