(Final Superseries) Keempat Wakil Indonesia Terhenti

(Jakarta, 16/12/2011) Keempat wakil Indonesia harus terhenti di babak penyisihan grup pada turnamen BWF World Superseries Finals 2011. Simon Santoso, Taufik Hidayat dan Mohammad Ahsan/Bona Septano harus mengubur harapan mereka untuk maju ke babak semifinal.

 

Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pun hampir dipastikan juga gagal ke semifinal. Mereka sebetulnya masih menunggu hasil pertandingan antara pasangan Cina, Xu Chen/Ma Jin dan yang akan berhadapan dengan pasangan dari Inggris, Robert Blair/Gabrielle White. Namun tampaknya Xu/Ma hampir dipastikan mampu mengalahkan Blair/White dan melangkah ke semifinal bersama juara grup yang merupakan rekan senegaranya, Zhang Nan/Zhao Yunlei, yang mengalahkan Tontowi/Liliyana pada hari ini dengan skor 21-19, 18-21, 21-14.

 

Di nomor tunggal putra, Simon Santoso menelan tiga kekalahan pada babak penyisihan grup A. Pada pertandingan perdana, ia tak mampu menghadang pemain asal Denmark, Peter Hoeg Gade. Simon menyerah dalam dua gim langsung 13-21, 9-21. Simon juga harus mengakui keunggulan pebulutangkis nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei, 10-21, 15-21. Pada pertarungan terakhir melawan Sho Sasaki, lagi-lagi Simon harus menelan kekalahan 19-21, 21-23 dan menempati urutan terbawah klasemen.

 

Senada dengan Simon, Taufik pun harus mengakui keunggulan lawan-lawannya di grup B. Pada pertandingan perdana, Taufik dikalahkan oleh pebulutangkis asal Jepang, Kenichi Tago 21-19, 19-21,7-21. Kekalahan ini membuat posisi Taufik semakin berat untuk melangkah ke semifinal, pasalnya ia harus mampu mengalahkan dua lawan berat lainnya yaitu Lin Dan dan Chen Long. Taufik yang merupakan peraih emas olimpiade Athena 2004 ini pun akhirnya menyerah dari Super Dan, dalam dua gim langsung, 12-21, 19-21, dan Chen Long dengan skor 13-21, 7-21.

 

Sementara itu pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano hari ini berhasil mengalahkan pasangan Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong lewat permainan tiga gim 19-21, 21-19, 21-14. Meskipun demikian kemenangan atas pasangan negeri jiran ini tak berpengaruh karena sebelumnya mereka mengalami dua kekalahan dari pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen dan Lee Yong Dae/Jung Jae Sung dari Korea.