(Korea GP Gold) Hayom dan Sony Tersandung Tunggal Korea

(Hwasun, 8/12/2011) Dua tunggal putra Indonesia harus terhenti di babak kedua Korea Open Grand Prix Gold 2011. Sony Dwi Kuncoro ditundukkan pemain asal Korea, Hong Ji Hoon, 22-24, 24-22, 19-21, sementara Dionysius Hayom Rumbaka menyerah dari Young Woo Choi, 13-21, 12-21.

Pertarungan Sony – Hong berlangsung cukup sengit. Meskipun kalah tipis di gim pertama, dan nyaris kalah di gim kedua saat kedudukan 18-20, namun Sony masih terus berupaya meraih poin demi poin. Usahanya ini berhasil, ia mampu memaksa dimainkannya gim ketiga.

Pada gim ketiga Sony juga sempat memimpin perolehan angka hingga 16-10, namun lagi-lagi Hong yang bermain ulet berhasil menyusul. Satu penempatan bola oleh Sony yang terlalu melebar ke sisi kanan Hong membuat pemain Korea ini memastikan diri ke babak ketiga.

“Sebetulnya penampilan saya sudah cukup baik hari ini, namun saya menyayangkan saja di gim ketiga sudah unggul jauh tapi justru kalah. Lawan juga nyaris komplit pukulannya, defense rapat, serangan juga bagus,” kata Sony mengomentari permainannya.

Sementara itu, Hayom sepertinya tidak bermain pada penampilan terbaiknya. Ia terlihat sering melakukan kesalahan sendiri yang tentunya menguntungkan lawan. Semakin tertinggal 19-11 di gim kedua membuat Hayom semakin sulit untuk mengejar, ia pun akhirnya menyerah dua gim langsung.

“Lawan memiliki defense yang sangat bagus, beberapa kali serangan saya tidak mampu menembus pertahanannya dia. Gim kedua saya coba ganti strategi dengan bermain rally dan mencuri kesempatan menyerang, tapi ternayata dia juga mengganti pola permainannya dan ini cukup menyulitkan” kata Hayom yang ditemui usai bertanding.

Dengan demikian Indonesia hanya meloloskan Tommy Sugiarto ke babak ketiga. Babak ketiga akan dimainkan sore ini juga sekitar pukul 18.00 waktu setempat.