Liliyana Natsir Masuk Nominasi 2011 Best Female Player of The Year

(Jakarta, 5/12/2011) Pemain ganda campuran Liliyana Natsir dinominasikan menjadi 2011 Best Female of The Year versi BWF. Liliyana merupakan satu-satunya pemain Indonesia yang masuk jajaran nominasi di ajang penghargaan yang dilangsungkan tiap setahun sekali ini.

 

Liliyana yang bersama Tontowi kini menempati ranking empat dunia merupakan pemenang dua gelar superseries pada tahun 2011 dan semifinalis Kejuaraan Dunia 2011. Selain raihan gelar yang dicapainya tahun ini, Liliyana juga dinominasikan karena ia ternyata mampu menggandeng pasangan baru nya untuk meraih prestasi gemilang hanya dalam hitungan bulan saja.

 

Liliyana Natsir memang pemain dengan talenta luar biasa. Sebelum berpasangan dengan Tontowi, ia pernah berpasangan dengan Vita Marissa di nomor ganda putri, lalu bersama Nova Widianto di nomor ganda campuran. Bersama Nova, ia berhasil meraih medali perak Olimpiade Beijing 2008.

 

Nominasi diumumkan pada hari Minggu, 4 Desember 2011 pukul 20.00 waktu Malaysia (GMT +8). BWF membuka situs voting selama 24 jam dari pengumuman nominasi. Pemilihan dilakukan via situs jejaring sosial media Facebook dan Weibo (situs jejaring sosial milik Cina).

 

Hasil voting akan diserahkan pada Komisi Penghargaan BWF dan akan digunakan sebagai referensi untuk menentukan pemenang selama BWF Council Meeting di Queenstown, Selandia baru, minggu depan.

 

Ajang penghargaan bergengsi ini dimulai pada tahun 2008 dan dimenangkan oleh Lin Dan dan Zhou Mi. Sementara Lee Chong Wei memenangkan penghargaan pemain putra terbaik tahun 2009 dan 2010. Atlet asal Cina, Wang Yihan memenangkan kategori pemain putri terbaik pada tahun 2009, diikuti dengan Wang Xin di tahun 2010.

 

Berikut daftar nominasi pemain putra terbaik 2011 :

 

Lee Chong Wei (Tunggal putra, Malaysia)

Lin Dan (Tunggal putra, Cina)

Chen Long ( Tunggal putra, Cina)

Peter Hoeg Gade (Tunggal Putra, Denmark)

Cai Yun/Fu Haifeng (Ganda putra, Cina)

Lee Yong Dae/Jung Jae Sung (Ganda putra, Korea)

Mathias Boe/Carsten Mogensen (Ganda putra, Denmark)

Zhang Nan (Ganda campuran, Cina)

Joachim Fischer Nielsen (Ganda campuran, Denmark)

 

Daftar nominasi pemain putri terbaik 2011 :

 

Wang Yihan (Tunggal putri, Cina)

Wang Xin (Tunggal putri, Cina)

Wang Shixian (Tunggal putri, Cina)

Wang Xiaoli/Yu Yang (Ganda putri, Cina)