(Macau GP Gold) Lawan Mengundurkan Diri, Tontowi/Liliyana Berhak Atas Gelar Juara

(Jakarta, 3/12/2011) Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil meraih gelar juara Macau Open Grand Prix Gold 2011 tanpa harus bertanding di babak final. Pasalnya lawan mereka dari Taiwan, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing resmi mengundurkan diri karena cedera.

 

Gelar di Macau ini merupakan yang kelima bagi Tontowi/Liliyana. Pasangan yang baru setahun dipasangkan ini mulai mengoleksi gelar juara pada tahun 2011 dari India Open Superseries, Malaysia Open Grand Prix Gold 2011, Singapore Superseries dan SEA Games XXVI.

 

Tontowi/Liliyana sempat mengalami masa-masa sulit saat harus terlempar dari ranking dua ke posisi lima karena beberapa kali terhenti di babak beberapa turnamen superseries. Pada Jepang Superseries lalu, pasangan ini harus kalah di babak kedua dari pasangan kualifikasi asal Cina, Wei Hong/Pan Pan.

 

Di Denmark Open Superseries Premier, Tontowi/Liliyana juga harus terjegal ganda asal Korea, Lee Yong Dae/Ha Jung Eun di babak pertama.

 

Namun pada dua turnamen terakhir pasangan ini menunjukkan grafik penampilan yang meningkat jika dibandingkan dengan beberapa turnamen sebelumnya. Mereka akhirnya kembali merasakan podium juara setelah beberapa bulan terakhir harus gagal meraih gelar.

 

Kemenangan Tontowi/Liliyana di Macau memastikan Indonesia mendapat satu gelar dari turnamen berhadiah US$ 200,000 ini. Sebelumnya, tiga wakil di semifinal harus terhenti, mereka adalah pasangan ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan, pasangan ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto dan Simon Santoso di tunggal putra.