(China Superseries Premier) Tontowi/Liliyana Gagal ke Perempatfinal

(Jakarta, 24/11/2011) Pupus sudah harapan Indonesia di nomor ganda campuran setelah satu-satunya wakil di nomor ini harus tersingkir pada babak kedua. Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menyerah dalam dua gim langsung dari pasangan Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl 17-21, 13-21.

 

Sebetulnya tidak ada yang terlalu istimewa dari pasangan Laybourn/Juhl, mereka justru banyak meraih poin dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan Tontowi/Liliyana. Pasangan Indonesia ini terlihat sering gagal menyeberangkan bola di depan net atau salah mengantisipasi bola-bola belakang.

 

Meski sempat ketinggalan start pada gim pertama, Tontowi/Liliyana selalu mampu mengejar dan menyusul hingga menyamakan kedudukan 17-17. Namun keadaan berbeda pada gim kedua, Tontowi/Liliyana terlihat banyak melakukan unforced error hingga selisih poin terpaut jauh 7-13.

 

Hal ini tentunya makin membuat Laybourn/Juhl percaya diri, mereka kian melesat hingga terjadi match point pada kedudukan 20-12. Selisih delapan poin membuat Tontowi/Liliyana semakin sulit untuk mengejar ketertinggalannya, mereka akhirnya menyerah 13-21.

 

Skor pertemuan kedua pasangan kini menjadi imbang 1-1. Pada pertemuan terakhir mereka di Indonesia Open Superseries Premier 2011, Tontowi/Liliyana mampu mengalahkan Laybourn/Juhl dengan cukup mudah 21-15, 21-14.

 

Kekalahan Tontow/Liliyana kali ini memang sangat disayangkan mengingat mereka merupakan salah satu tumpuan dalam meraih gelar di turnamen premier terakhir tahun ini. Indonesia memastikan dua tempat di perempatfinal setelah di nomor tunggal putra, Simon Santoso berhasil mengalahkan Taufik Hidayat 21-15, 21-10.

 

Satu wakil lagi datang dari nomor ganda putra, dimana pasangan Angga Pratama/Rian Agung Saputro akan bertemu seniornya Markis Kido/Hendra Setiawan. Kedua pasangan akan dijadwalkan bertanding pada sore ini, pukul 16.00 wib.